WHO: Obat Remdesivir Tak Bermanfaat untuk Pasien Covid-19

Kompas.com - 17/10/2020, 17:00 WIB
Ilustrasi remdesivir untuk pasien Covid-19. SHUTTERSTOCK/Bernard ChantalIlustrasi remdesivir untuk pasien Covid-19.

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) menyimpulkan, obat anti-virus remdesivir hanya memberi sedikit dampak atau tidak berdampak sama sekali untuk pasien Covid-19.

Usai pernyataan itu keluar, muncul perdebatan di kalangan para ilmuwan pada Jumat (16/10/2020).

Gilead Sciences Inc. GILD.O, perusahaan AS yang mengembangkan obat remdesivir mengatakan bahwa kesimpulan WHO tidak sesuai dengan bukti penelitian lain yang memvalidasi manfaat klinis remdesivir untuk pasien Covid-19.

Baca juga: BPOM Izinkan Remdesivir untuk Kasus Covid-19 Berat, Ini Efek Sampingnya

"Kami prihatin data uji coba global ini belum melalui tinjauan ketat yang diperlukan dan memungkinkan diskusi ilmiah yang konstruktif," kata Gilead.

Namun Richard Peto, ahli statistik independen yang disewa oleh WHO untuk memeriksa hasil uji coba remdesivir, menepis kritik Gilead.

"Ini hasil yang dapat diandalkan, jangan biarkan siapa pun menyampaikan sebaliknya," kata Peto kepada wartawan. Ini adalah bukti dunia nyata.

Hasil uji coba yang diumumkan WHO pada hari Kamis (15/10/2020) adalah "pukulan" pada salah satu dari sedikit obat yang digunakan untuk mengobati orang dengan Covid-19.

Dilansir Reuters, Jumat (16/10/2020), WHO mengatakan remdesivir tampaknya hanya memiliki sedikit atau sama sekali tidak ada efek untuk membantu pasien dengan penyakit pernapasan bertahan hidup.

Percobaan WHO melibatkan 11.266 pasien dewasa di lebih dari 30 negara.

Dari hasil penelitian tersebut, WHO mengalihkan pengobatan untuk Covid-19 dari antivirus seperti remdesivir ke antibodi monoklonal baru.

Halaman:


Sumber Reuters
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X