Kompas.com - 05/10/2020, 17:30 WIB
Ilustrasi bersin DOK. ShutterstockIlustrasi bersin


KOMPAS.com - Semenjak pandemi Covid-19, banyak orang lebih khawatir dengan kondisi kesehatannya karena takut terinfeksi Covid-19.

Tak jarang saat mengalami sesuatu, seperti mata gatal atau bersin kita langsung bertanya-tanya, apakah ini gejala Covid-19?

Sejauh ini, gejala umum yang ditimbulkan oleh virus corona adalah demam, batuk, sesak napas, kelelahan, dan nyeri pada tubuh.

Meskipun dilaporkan bahwa ada individu terinfeksi virus corona mengalami bersin, nyatanya hal tersebut tak muncul sesering gejala lainnya.

Baca juga: Apakah Batuk Anda Gejala Covid-19? Simak Ciri-cirinya

Jika Anda tidak memiliki gejala lain, terutama demam dan tidak ada kontak dekat (selama 10 menit atau lebih) dengan seseorang yang terinfeksi Covid-19, bersin Anda kemungkinan besar bukan dari virus corona.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, berikut gejala umum Covid-19:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

- Demam atau kedinginan
- Batuk
- Sesak napas atau kesulitan bernapas
- Kelelahan
- Nyeri otot atau tubuh
- Kehilangan rasa atau bau
- Sakit tenggorokan
- Sakit kepala
- Hidung tersumbat atau meler
- Mual atau muntah
- Diare

Melansir Healthline, jika hidung Anda meler atau mata gatal, itu tidak berarti Anda mengidap Covid-19.

Namun, jika Anda batuk, merasa kelelahan, dan demam, Anda mungkin terinfeksi virus corona.

“Tidak semua gejala sama. Anda mungkin berpikir terinfeksi virus corona, tapi kemungkinan Anda hanya mengalami alergi musiman atau influenza,” kata Lindsey Elmore, PharmD, spesialis farmakoterapi bersertifikat dan pembawa acara“ The Lindsey Elmore Show kepada Healthline.

Alergi musiman terkadang dapat menyebabkan batuk dan pilek - keduanya sering dikaitkan dengan beberapa kasus virus corona. Tetapi mata gatal, berair, dan bersin merupakan gejala yang sangat jarang terjadi pada pasien virus corona.

“Pada gejala virus corona, sangat sering, mereka datang dengan demam. Jika Anda mengalami demam, itu berarti bukan alergi," kata Sandra Hong, MD, seorang ahli alergi di Cleveland Clinic.

“Jika Anda mengalami diare, itu juga bukan alergi. Itu adalah sesuatu yang sangat berbeda," lanjutnya.

Baca juga: Pilek dan Tenggorokan Kering, Gejala Covid-19 atau Pengaruh Cuaca?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X