Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Pilot Terdampar Massal di Lepas Pantai Tasmania, Apakah Penyebabnya?

Kompas.com - 22/09/2020, 19:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber ABC

KOMPAS.com- Fenomena tak biasa terjadi di lepas Pantai Barat Tasmania, di mana ratusan paus pilot terdampar secara massal pada Senin (21/9/2020).

Para tim berupaya menyelamatkan sekelompok besar paus pilot yang terjebak di gumuk pasir yang ada di kawasan pantai ini.

Seperti dikutip dari ABC, Selasa (22/9/2020), sekitar 270 paus pilot terjebak di kawasan gumuk pasir Macquarie Heads, dekat Strahan di Pantai Barat Tasmania, sekitar 190 km dari Hobart.

Ahli biologi menduga terdamparnya ratusan paus itu kemungkinan disebabkan oleh satu atau dua paus yang tersesat. Kendati mungkin mustahil untuk mengatakan mengapa 270 mamalia laut ini bisa sampai terjebak secara massal di gumuk pasir.

Baca juga: Badai Matahari Sebabkan Paus Abu-abu sering Terdampar, Kok Bisa?

 

Namun, ahli biologi satwa liar Marine Conservation Program, Dr Kris Carlyon mengatakan sifat sosial paus pilot membuat mereka dapat memengaruhi kelompoknya.

"Mereka adalah spesies yang sangat sosial, jadi perilaku, vokalisasi di sekitarnya pasti bisa memengaruhi perilaku hewan lain," kata Dr Carlyon.

Dia menambahkan perilaku kelompok mamalia laut ini sangat kuat, jadi semua hewan yang terdampar tersebut bergerak dan bersuara untuk saling memengaruhi.

"Tapi, kita mungkin tidak akan pernah membahas penyebab utama (terdamparnya paus pilot) ini," jelas Dr Carlyon.

Baca juga: 150 Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia, Apa Artinya Bagi Kita?

 

Para tim penyelamat hewan malang ini masih berupaya menyelamatkan paus-paus pilot tersebut. Dari 270 paus pilot yang terdampar diperkirakan sepertiga di antaranya telah mati.

"Kami belum mendapatkan perhitungan (pasti) pada tahap ini," kata manajer kawasan Taman dan Satwa Liar Nic Deka.

Kesalahan navigasi mungkin penyebabnya

Dibutuhkan waktu berhari-hari untuk bisa menyelamatkan paus-paus pilot ini. Lantas, mengapa kejadian paus terdampar sangat umum terjadi di Tasmania?

Para peneliti telah melabeli negara bagian tersebut sebagai 'hotspot global' akibat terdamparnya paus pilot secara massal.

Dr Vanessa Pirotta dari Macquarie University mengatakan penyebab paus pilot terdampar secara massal masih tetap menjadi misteri.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com