Benarkah Ekuinoks Sebabkan Cuaca Lebih Panas? Ini Penjelasan BMKG

Kompas.com - 22/09/2020, 18:30 WIB
Ilustrasi cuaca panas, heat stroke ShutterstockIlustrasi cuaca panas, heat stroke

KOMPAS.com - Hari ini, Selasa (22/9/2020), fenomena astronomis ekuinoks hadir menyapa Indonesia, dan kehadiran fenomena ini seringkali dikaitkan dengan kondisi cuaca yang cenderung lebih panas.

Lantas, benarkah ketika ada ekuinoks, cuaca akan lebih panas daripada hari biasanya?

Menjawab persoalan ini, Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Agie Wandala pun angkat bicara.

Baca juga: Cuaca Panas Melanda Indonesia, Kok Bikin Lelah dan Ngantuk?

Dijelaskan Agie, ekuinoks atau equinox adalah fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa, yang umumnya secara periodik terjadi dua kali dalam setahun, yaitu pada 21 Maret dan 22 September.

Konsekuensi dari terjadinya fenomena ini adalah wilayah sekitar ekuator akan mendapat penyinaran Matahari yang signifikan, sehingga dikaitkan dengan fenomena suhu panas.

"Namun, fenomena ekuinoks ini tidak selalu identik dengan terjadinya kenaikan suhu udara secara ekstrem," kata Agie kepada Kompas.com, Rabu (9/9/2020).

Berdasarkan data pengamatan suhu udara permukaan maksimum, diketahui bahwa nilai rata-rata suhu udara maksimum di wilayah Indonesia berkisar antara 32-36 derajat Celcius.

"Dan diprediksi tidak akan mengalami peningkatan signifikan pada periode ekuinoks mendatang (22/9/2020)," ujarnya.

Apalagi, hal tersebut juga mendapat pengaruh dari keadaan saat ini, di mana beberapa wilayah di Indonesia yang sedang berada dalam musim transisi (pancaroba) dari musim kemarau ke musim hujan, sehingga potensi untuk terjadinya hujan tetap ada.

Agie berkata, ekuinoks bukan merupakan fenomena seperti Heat Wave yang terjadi di Afrika dan Timur Tengah yang dapat mengakibatkan peningkatan suhu udara secara besar dan bertahan lama.

Baca juga: Aspal Bisa Jadi Penyebab Polusi Udara Saat Cuaca Panas, Kok Bisa?

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X