Dulunya Hewan Liar, Asal-usul Kuda Jinak Terungkap Lewat Uji Genetik

Kompas.com - 22/09/2020, 07:08 WIB
Ilustrasi kuda. ShutterstockIlustrasi kuda.

KOMPAS.com - Kuda menjadi hewan yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia, mulai dari membantu transportasi, perdagangan hingga perang. Namun selama ini pula, masih belum jelas di mana dan kapan kuda dijinakkan.

Sebelumnya, ilmuwan percaya bahwa kuda pertama kali didomestikasi di Anatolia sekitar 5.500 tahun yang lalu.

Daerah tersebut merupakan semenanjung yang dulunya dikenal sebagai Asia kecil. Kini, sebagian besar dari wilayah Anatolia telah menjadi wilayah Turki.

Namun dalam pengujian genetik baru, peneliti menemukan bukti bahwa kuda sebenarnya pertama kali didomestikasi di Stepa Eurasia.

Baca juga: Demi Keragaman Genetik, Kuda Przewalski Dikloning Pertama Kalinya

Barulah pada Zaman Perunggu, kuda dikirimkan ke Anatolia sekitar 4.000 tahun yang lalu.

Seperti dikutip dari Phys.org, Senin (21/9/2020), temuan tersebut berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti internasional.

Tim peneliti melakukan analisis terhadap sisa-sisa kuda purba yang berasal dari 2.500 hingga 11.000 tahun yang lalu. Tulang belulang itu ditemukan di sejumlah lokasi di bagian timur Asia, Kaukasus, dan Anatolia.

Setelah itu, para peneliti melakukan studi paleogenetik dan morfologi yang mencakup analisis DNA kromosom Y, DNA mitokondria, dan penanda DNA yang sebelumnya telah dikaitkan dengan warna bulu.