LEGO Akan Hapuskan Kemasan Plastik Sekali Pakai demi Lingkungan

Kompas.com - 19/09/2020, 11:05 WIB
LEGO SHUTTERSTOCKLEGO

KOMPAS.com - Bagi Anda pencinta LEGO, mungin tak pernah menyadari bahwa potongan-potongan LEGO yang Anda mainkan atau mungkin anak Anda mainkan, akan berakhir di lautan selama lebih dari seribu tahun.

Tetapi perusahaan asal Denmark ini ingin membangun kredensial ramah lingkungan untuk perusahan mereka.

Dalam sumpah terbarunya, LEGO akan mulai mengganti kantong plastik dengan kantong kertas mulai tahun 2021 setelah mendapat oleh surat dari anak-anak, yang meminta untuk membuang kantong plastik sekali pakai.

Ini tentu akan sangat berpengaruh pada lingkungan, mengingat dalam satu paket LEGO biasanya terdapat beberapa plastik yang melindungi LEGO di dalam kardus.

Baca juga: Plastik Mikro 21 Juta Ton Cemari Permukaan Samudera Atlantik, Ilmuwan Jelaskan

Janji itu datang sebagai bagian dari pengumuman LEGO baru-baru ini, bahwa mereka menginvestasikan $ 400 juta (sekitar Rp 5,9 triliun) selama tiga tahun untuk meningkatkan upaya keberlanjutannya.

Di antara banyak janjinya, perusahaan ingin membuat semua potongan kotak LEGO dari bahan yang berkelanjutan pada tahun 2030 mendatang, semua kemasan berkelanjutan pada akhir tahun 2025, dan semua operasi manufaktur bebas karbon pada akhir tahun 2022.

“Kami telah menerima banyak surat dari anak-anak tentang lingkungan, mereka meminta kami untuk menghapus kemasan plastik sekali pakai,” kata Niels B Christiansen, CEO LEGO Group dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah menjajaki alternatif selama beberapa waktu dengan bersemangat, ide dari anak-anak menginspirasi kami untuk mulai membuat perubahan,” lanjutnya.

Dikutip dari iflscience, Sabtu (19/9/2020), Christiansen mengatakan, pihaknya tidak bisa melupakan tantangan mendasar yang dihadapi generasi mendatang.

Menurutnya, sangat penting bagi mereka untuk mengambil tindakan segera sekarang ini, demi menjaga planet bumi dan generasi mendatang.

Baca juga: Tahun 2040, 1,3 Miliar Ton Sampah Plastik Akan Tenggelamkan Bumi

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X