Ahli: Wajib Pakai Masker di Rumah Jika Tak Patuh Protokol Kesehatan Saat di Luar

Kompas.com - 18/09/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi memakai masker mencegah infeksi virus corona, penularan Covid-19. Shutterstock/DelirisIlustrasi memakai masker mencegah infeksi virus corona, penularan Covid-19.


KOMPAS.com- Para ahli mengingatkan di tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai ini, maka wajib hukumnya bagi semua orang untuk memakai masker di mana pun berada termasuk di dalam rumah sekalipun.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), DR dr Agus Dwi Susanto SpP(K).

"Apabila di luar rumah kita tidak bisa menjalankan (menerapkan) protokol kesehatan, maka penggunaan masker di dalam rumah itu disarankan," kata Agus dalam Talk Show BNPB bertajuk Tips Mencegah Keluarga terpapar Covid-19, Jumat (18/9/2020).

Baca juga: Mengapa Kita Harus Tetap Memakai Masker di Dalam Mobil? Ini Penjelasannya

 

Agus menegaskan, jika Anda ingin menghindari atau merasa tertekan jika memakai masker di dalam rumah, maka kuncinya adalah keamanan dan kebersihan Anda saat beraktivitas di luar rumah dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan.

Jika, Anda tidak yakin bahwa aktivitas Anda di luar rumah sudah aman dari infeksi Covid-19, maka untuk menghindari terjadinya kluster di keluarga, Anda harus memastikan menjaga protokol kesehatan di rumah sendiri.

Di antaranya dengan menjaga jarak aman dengan anggota keluarga lainnya saat bercengkerama, memakai masker, dan pastikan tubuh beserta benda-benda yang Anda bawa dari luar rumah steril dari organisme jahat.

Dalam kesempatan yang sama, Pakar Kesehatan Masyarakat Dr Ede Surya Darmawan SKM MDM juga sependapat dengan Agus.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X