Serba-serbi Hewan: Kenapa Kotoran Burung Berwarna Putih?

Kompas.com - 09/09/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi burung laut. Kotoran burung laut tidak hanya penting bagi ekosistem laut, tapi ternyata juga memiliki nilai ekonomi tinggi. WIKIMEDIA COMMONS/Amir PashaeiIlustrasi burung laut. Kotoran burung laut tidak hanya penting bagi ekosistem laut, tapi ternyata juga memiliki nilai ekonomi tinggi.

KOMPAS.com - Manusia, kuda, kelinci, sapi, gajah, dan hewan lainnya hampir semuanya menghasilkan kotoran berwarna coklat. Namun, kotoran burung warnanya putih.

Lantas, apa yang membuat kotoran burung berwarna putih?

Dilansir Mental Floss, cara kerja sistem pencernaan burung berbeda dengan manusia atau hewan pada umumnya.

Alih-alih buang air besar dan kencing secara terpisah, mereka pada dasarnya melakukannya bersamaan.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Alasan Koala Tidur Sambil Memeluk Batang Pohon

Ginjal burung mengekstrak limbah nitrogen dari aliran darah seperti yang dilakukan hewan lain.

Alih-alih melepaskannya sebagai urea yang terlarut dalam urin, burung mengeluarkan kotorannya dalam bentuk urac acid atau asam urat.

Kotoran burung keluar sebagai cairan putih karena reaksi biokimia agar dalam proses membuang kotoran hanya kehilangan sedikit air.

Cara mengeluarkan kotoran pun sedikit aneh dan berbeda dibanding makhluk hidup lain.

Sebagian besar spesies burung tidak memiliki penis dan vagina.

Sebaliknya, baik burung betina dan jantan memiliki apa yang disebut kloaka, pintu serba guna untuk saluran usus, reproduksi, dan kemih.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X