Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba-serbi Hewan: Alasan Koala Tidur Sambil Memeluk Batang Pohon

Kompas.com - 02/09/2020, 16:02 WIB
Dinda Zavira Oktavia ,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat membayangkan koala, pikiran kita mungkin akan tertuju pada hewan kecil yang sedang memiringkan kepalanya sambil memeluk pohon.

Mungkin, pohon memang tempat favorit koala menghabiskan waktu. Dari mulai makan sampai tidur, semuanya dilakukan di pohon.

Cara tidur marsupial asal Australia yang unik ini membuat banyak orang mengira bahwa koala sedang istirahat di tempat yang lebih stabil setelah makan daun di dahan.

Namun, ternyata bukan itu alasannya. Batang pohon rupanya membuat koala tetap merasa dingin.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala?

"Tidur di pohon bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan panas di hari yang sangat terik," ujar rekan penulis studi Michael Kearney, seorang ahli ekologi di University of Melbourne di Australia, seperti dilansir Live Science, 3 Juni 2014.

Kearney dan Natalie Briscoe menemukan fakta itu setelah mempelajari bagaimana makhluk yang hidup di Pulau French, dekat Melbourne, Australia, mengatur suhu tubuh ketika menghadapi hari-hari panas karena perubahan iklim.

Wilayah tersebut sejuk hampir sepanjang tahun. Namun, saat musim panas tiba, suhu di sana melonjak hingga 40 derajat celsius.

Briscoe mengukur tingkat angin menggunakan stasiun cuaca portabel, tetapi tidak menemukan tren yang mencolok.

Kemudian, dia menggunakan termometer inframerah, yang mengukur suhu berdasarkan radiasi termal, di batang pohon yang dipeluk koala.

Batangnya jauh lebih dingin daripada suhu udara sekitar, terkadang suhunya mencapai 9 derajat celsius.

Dia juga memperhatikan koala yang menempel di pohon akasia, meskipun mereka biasanya memakan daun kayu putih.

"Saat cuaca panas, koala akan pergi menghampiri pohon dan memeluk batangnya. Ini aneh bagi kami, sampai kami tahu bahwa pepohonan sedikit lebih sejuk," kata Kearney.

Agar tetap dingin

Koala akan membuka mulut sambil terengah-engah agar tetap dingin. Cara ini disebut dapat membuat uap air menguap dari mulut, membawa panas dari tubuh mereka.

Koala sedang tertidur di atas pohon (Dok. Exceptional Kangaroo Island) Koala sedang tertidur di atas pohon

Ketika tim membuat model perpindahan suhu panas di tubuh koala, mereka menemukan koala yang memeluk pohon dapat menghemat setengah air dari tubuh yang keluar saat koala terengah-engah.

Koala mendapatkan sebagian besar air dari makanan mereka. Namun, karena daun kayu putih memiliki kandungan racun, koala hanya bisa makan dalam jumlah terbatas sebelum racun membahayakan tubuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com