Serba-serbi Hewan: Alasan Koala Tidur Sambil Memeluk Batang Pohon

Kompas.com - 02/09/2020, 16:02 WIB
Ilustrasi Koala. PIXABAYIlustrasi Koala.

KOMPAS.com - Saat membayangkan koala, pikiran kita mungkin akan tertuju pada hewan kecil yang sedang memiringkan kepalanya sambil memeluk pohon.

Mungkin, pohon memang tempat favorit koala menghabiskan waktu. Dari mulai makan sampai tidur, semuanya dilakukan di pohon.

Cara tidur marsupial asal Australia yang unik ini membuat banyak orang mengira bahwa koala sedang istirahat di tempat yang lebih stabil setelah makan daun di dahan.

Namun, ternyata bukan itu alasannya. Batang pohon rupanya membuat koala tetap merasa dingin.

Baca juga: Serba-serbi Hewan: Kenapa Kecoak Bisa Hidup Tanpa Kepala?

"Tidur di pohon bisa menjadi cara yang sangat efektif untuk menghilangkan panas di hari yang sangat terik," ujar rekan penulis studi Michael Kearney, seorang ahli ekologi di University of Melbourne di Australia, seperti dilansir Live Science, 3 Juni 2014.

Kearney dan Natalie Briscoe menemukan fakta itu setelah mempelajari bagaimana makhluk yang hidup di Pulau French, dekat Melbourne, Australia, mengatur suhu tubuh ketika menghadapi hari-hari panas karena perubahan iklim.

Wilayah tersebut sejuk hampir sepanjang tahun. Namun, saat musim panas tiba, suhu di sana melonjak hingga 40 derajat celsius.

Briscoe mengukur tingkat angin menggunakan stasiun cuaca portabel, tetapi tidak menemukan tren yang mencolok.

Kemudian, dia menggunakan termometer inframerah, yang mengukur suhu berdasarkan radiasi termal, di batang pohon yang dipeluk koala.

Batangnya jauh lebih dingin daripada suhu udara sekitar, terkadang suhunya mencapai 9 derajat celsius.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X