Kompas.com - 01/06/2020, 19:02 WIB
Kawah Ijen Jawa Timur. shutterstock.com/mazzurKawah Ijen Jawa Timur.

KOMPAS.com - Air kawah danau Gunung Ijen yang ada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso meluap dan menimbulkan gelombang setinggi tiga meter pada Jumat (29/5/2020) sekitar pukul 12.30 WIB.

Selain itu, kawah Ijen juga dikabarkan mengeluarkan gas beracun serta tremor.

Fenomena ini mengakibatkan seorang penambang belerang tewas di lokasi kejadian.

Benarkah fenomena ini merupakan tsunami, bagaimana bisa?

Baca juga: Heboh Fenomena Muncul Banyak Pelangi di Hari Raya, Ini Kata BMKG

Widjo Kongko, ahli tsunami Indonesia mengatakan, fenomena yang terjadi di Gunung Ijen adalah tsunami.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia menjelaskan, tsunami adalah gelombang dengan periode relatif panjang. Tsunami sendiri bisa ditimbulkan oleh adanya gangguan di dasar laut, teluk, danau sehingga mengganggu kolom air di atasnya.

"Penyebabnya bisa karena gempa bumi, longsor, dan atau aktivitas gunung api. Fenomena yang terjadi di danau kawah Gunung Ijen, adalah salah satu contoh tsunami," jelas Widjo Kongko kepada Kompas.com, Senin (1/6/2020).

Nah, fenomena yang terjadi di kawah Gunung Ijen disebut tsunami danau. Hal ini berdasar pada kategori gelombang yang ditimbulkan.

Gelombang setinggi tiga meter yang terjadi bukan disebabkan oleh angin. Selain itu, periode gelombang tiga meter itu pun terjadi cukup panjang yakni lebih dari satu menit.

"Ada gelombang atau osilasi air karena goncangan dan disebut dengan istilah lain yaitu 'Seiche'," ungkap Widjo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X