Mungkinkah Penderita Kleptomania Dilakukan Perawatan?

Kompas.com - 09/05/2020, 09:16 WIB
Ilustrasi kesehatan jiwa ShutterstockIlustrasi kesehatan jiwa

KOMPAS.com - Kisah perselingkungan dalam serial The World of Married tengah menyita perhatian para penikmat drama Korea di Indonesia. Karakter dalam drama populer itu pun beragam, bahkan menunjukkan gejala gangguan mental.

Salah satunya pada karakter Lee Joon Young yang diperankan oleh Jeon Jin Seo, yakni anak dari para pemeran utama yang mengalami gangguan mental kleptomania atau suka mencuri. Gangguan tersebut muncul setelah perceraian kedua orangtuanya.

Kleptomania merupakan kondisi ketidakmampuan menahan keinginan untuk mencuri dan itu terjadi berulang-ulang.

Keinginan itu umumnya muncul secara spontan dan adanya perasaan kecemasan dan ketegangan berlebihan sebelum melakukan pencurian.

Maka, usai mencuri mereka akan lebih merasa puas, lega, bahkan kesenangan.

Meski demikian, penderita kleptomania tetap dapat merasakan perasaan bersalah dan penyesalan setelah melakukan kejahatan tersebut.

Kondisi kejiwaan ini sangat serius karena dapat berdampak besar pada fungsi dan kehidupan seseorang, sehingga penderita kleptomania harus mendapatkan pertolongan medis.

Jika tidak, penderita akan terus berdahapan dengan penegak hukum karena tindakan kriminalnya.

Baca juga: Anak Dalam Drama The World of The Married Kleptomania, Apa Itu?

Melansir Very Well Mind, Jumat (8/5/2020), terdapat dua jenis perawatan bagi penderita kleptomania yaitu mengkonsumsi obat-obatan dan psikoterapi.

Saat ini jenis antidepresan yang sering diresepkan untuk penderita kleptomania adalah Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRIs). Antidepresan jenis tersebut menunjukkan efektivitas dalam mengobati gejala kleptomania.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X