Tali Tertua di Dunia Ditemukan, Pembuatnya Manusia Purba Neanderthal

Kompas.com - 18/04/2020, 10:00 WIB
Potongan serat yang dibuat oleh Neanderthal, membuktikan jika manusia purba tersebut punya kemampuan kognitif yang baik. gizmodoPotongan serat yang dibuat oleh Neanderthal, membuktikan jika manusia purba tersebut punya kemampuan kognitif yang baik.

KOMPAS.com - Neanderthal kerap dianggap sebagai manusia purba yang kurang memiliki kemampuan kognitif. Namun, satu persatu bukti menunjukkan bahwa Neanderthal tak seperti yang dipikirkan para ahli sebelumnya.

Bukti terbaru yang ditemukan oleh ilmuwan adalah potongan serat berusia 41.000 tahun yang dibuat oleh Neanderthal.

Benda ini ditemukan para ilmuwan di situs prasejarah Abri du Maras di selatan Perancis.

Potongan-potongan serat tersebut dipilin membentuk tali. Temuan ini pun menjadi bukti tertua penggunaan teknologi tekstil yang tercatat dalam dunia arkeologi.