Bill Gates Bicara Soal Bagaimana Kita Seharusnya Merespons Covid-19

Kompas.com - 27/03/2020, 19:00 WIB
Pendiri Microsoft, Bill Gates reuters.comPendiri Microsoft, Bill Gates

KOMPAS.com - Covid-19 yang disebabkan oleh virus corona baru SARS-CoV-2 tengah menjadi pusat perhatian dunia saat ini.

Pendiri Microsoft, Bill Gates, angkat bicara tentang pandemi Covid-19.

Dalam wawancara bersama TED, Bill Gates membahas tentang pentingnya isolasi diri dan uji tes kesehatan untuk memerangi pandemi Covid-19.

Seperti kita tahu, saat ini AS menjadi negara dengan total kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Hingga pukul 11.23 WIB, jumlah positif Covid-19 yang sudah dikonfirmasi di AS ada 85.594 kasus.

Angka ini jauh di atas kasus infeksi di China, yakni 81.340 dan Italia yang saat ini dikonfirmasi ada 80.589 kasus.

Baca juga: Update Corona 27 Maret: 531.864 Kasus di 199 Negara, 123.942 Sembuh

Lima tahun lalu, Bill Gates pernah berbicara di panggung TED, dia menyinggung bahwa jika ada pandemik yang lebih besar di masa depan, dunia seharusnya lebih siap menghadapinya.

Bill Gates melihat, adanya wabah seperti Zika, Ebola, SARS, dan MERS yang pernah dihadapi sebelumnya mengingatkan bahwa ketika orang berpindah tempat dan bepergian, suatu wabah penyakit dapat menyebar dengan cepat dan menimbulkan kehancuran.

"Dan apa yang saya katakan sebelumnya, saya sebenarnya ingin mengatakan bahwa kita mungkin tidak siap menghadapi pandemi berikutnya, tapi dengan kemajuan sains kita dapat melawan mereka (pandemi). Kita bisa siap," kata Bill Gates.

Bill Gates mengatakan, kendati ada lebih dari 532 ribu orang terinfeksi Covid-19, tapi angka kesembuhannya lebih dari seperempatnya.

Hingga siang ini, orang yang dinyatakan sembuh dan mampu bertahan hidup ada 124.349 pasien.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X