Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2020, 18:30 WIB
Imamatul Silfia,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber Futurism

KOMPAS.com - Di tengah pandemi global yang membuat khawatir masyarakat di seluruh dunia, para ilmuwan terus berusaha untuk menemukan cara menghadapi virus corona (SARS-CoV-2).

Berdasarkan laporan Reuters, beberapa penelitian tengah berusaha mengembangkan tes imunitas corona. Tes ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah tubuh Anda telah mengembangkan kekebalan terhadap virus corona.

Karena banyak orang yang merasakan gejala mirip virus corona, namun tidak berkesempatan melakukan tes usap tenggorokan dan hidung.

Baca juga: Studi: Mendadak Tak Bisa Mencium Bau, Gejala Baru untuk Virus Corona

Padahal informasi ini sangat berguna untuk mengetahui apakah tubuh manusia telah menghasilkan antibodi penangkal virus setelah mereka melewati fase gejala. 

Oleh karena itu, pengembangan tes imunitas corona dianggap dapat memberikan harapan untuk melawan virus tersebut.

Salah satu penelitian dilakukan oleh Florian Kammer dan timnya dari vaksinologi Icahn School of Medicine di Gunung Sinai. Penelitian ini telah sampai pada tahap berbagi prosedur dengan laboratorium lain dan akan melakukan uji coba kepada pasien.

Baca juga: Peneliti Uji Darah Pasien yang Pulih untuk Pengobatan Covid-19

"Tes ini dapat membuat kita mengetahui negara mana yang akan kembali normal. Orang yang kebal dapat kembali ke kehidupan normal dan memulai hidupnya kembali," ucap Krammer.

Bahkan, tes cairan tubuh yang dikembangkan Krammer dan timnya tidak butuh persetujuan lengkap dari Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA). Dengan kata lain, tes ini bisa dilakukan secepatnya.

Namun, masih ada beberapa pertanyaan mengenai tes kekebalan Covid-19, seperti berapa lama hal itu berlangsung dan seberapa akurat hasil dari tes tersebut.

Baca juga: Jenazah PDP Covid-19 di Kolaka Dicium Keluarga, Ini Tanggapan Ahli

Apalagi ada beberapa laporan yang mengatakan orang dapat terinfeksi virus corona sebanyak dua kali, meskipun begitu para ilmuwan mengatakan laporan ini harus dikaji lebih lanjut.

Akan tetapi, jika tes imunitas corona dapat berjalan dengan baik, hal ini dapat mengubah permainan dalam perang melawan pandemi ini.

Tes ini dapat membuat orang yang telah terinfeksi virus, baik yang disadari maupun tidak, untuk keluar dan kembali bermasyarakat.

Selain itu juga dapat membantu para tenaga medis bekerja lebih tenang karena tahu mereka tidak dapat terinfeksi virus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com