Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Misteri Tubuh Manusia yang Paling Unik dan Jawabannya

Kompas.com - 21/03/2020, 13:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Tubuh manusia adalah sebuah sistem kompleks yang sejak dulu kerap menjadi pertanyaan ilmuwan. Dari masa ke masa, ada saja hal baru yang ditemukan dalam tubuh manusia.

Banyak hal tentang tubuh manusia yang menjadi pertanyaan banyak orang. Misalnya, mengapa kekenyangan membuat kita mengantuk? Mengapa kita tertawa saat geli? Bagi wanita, kenapa perut terasa kram saat menstruasi?

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Pipi Memerah saat Tersipu Malu?

Kompas.com merangkum 30 misteri tubuh manusia beserta jawabannya dalam Visual Interaktif Kompas (VIK): Misteri Tubuh Manusia Vol.1.

Dalam VIK yang atraktif dan interaktif ini, kita bisa mengetahui berbagai fakta tentang tubuh dari mulai kepala hingga kaki.

VIK misteri tubuh manusiaKOMPAS.COM VIK misteri tubuh manusia

Kenapa jari bisa berbunyi “kretek” saat ditarik? Bunyi ini disebabkan oleh adanya perubahan pada sendi otot jari. Ketika jari ditarik dengan kuat, permukaan sendi bisa mengembang dan tekanan pada cairan sendi meningkat.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Punya Sidik Jari?

Proses ini mengakibatkan retakan atau ruang udara kecil pada sendi yang kerap disebut “gelembung”.

Mau tahu selengkapnya? Anda tinggal membuka link ini untuk mencari tahu lebih lanjut soal misteri tubuh manusia. Selamat membaca!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com