Kompas.com - 17/03/2020, 18:03 WIB
Ilustrasi mata iritasi Shutterstock.comIlustrasi mata iritasi

KOMPAS.com - Mata disebut-sebut sebagai salah satu media virus corona atau SARS-CoV-2 dapat tertular ke tubuh manusia, selain melalui hidung dan mulut.

Bagaimana hal ini bisa terjadi, dan bagaimana mencegahnya?

Direktur Utama JEC Eye Hospital Clinics, Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K), menjelaskan bahwa memang secara teori dikatakan penularan Covid-19 bisa dari droplet, yaitu media yang ada di bagian mukosa pada mata, hidung dan mulut.

Baca juga: Temuan Baru, Virus Corona Wuhan Bisa Menular Lewat Tinja

"Sebenarnya patogenesis terjadi penularan melalui mukosa di mata ini tidak banyak detail laporannya. Mukosa ini adalah cairan yg basah, nah ini dikhawatirkan bisa menular lewat itu," kata Budi dalam acara bertajuk "Deteksi Dini sebagai Langkah Jitu Melawan si Pencuri Penglihatan", Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Hal itu terjadi ketika Anda tanpa disadari memegang benda atau bersalaman dengan pasien positif Covid-19 namun tidak segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan langsung menyentuh hidung, mata atau mulut. Dengan begitu, virus tersebut juga bisa masuk ke tubuh Anda.

Ilustrasi virus coronaShutterstock Ilustrasi virus corona

"Bisa ditularkan lewat itu. Tapi angka pastinya belum dapat, tapi dicurigai bisa melalui mukosa (hidung, mulut dan mata)," kata dia.

Baca juga: Harapan Baru, AS Mulai Uji Coba Vaksin Corona Covid-19 Pada Manusia

Jika pencegahan untuk mulut dan hidung bisa menggunakan masker, lalu bagaimana mencegah penularan melalui media mata?

Menurut Budi ada hal yang masih bisa dilakukan untuk mencegah virus masuk melalui mukosa pada mata yaitu dengan tidak sering mengucek mata. Selain itu, gunakan tisu saat ingin menyentuh mata.

"Tapi kalau mata, bisa dengan tidak mudah kontak dengan mata setelah memegang benda lain," kata dia.

Baca juga: Mendesak Kembangkan Vaksin Corona, Peneliti Lewatkan Uji Tes pada Hewan

Menggunakan tisu merupakan perlakuan yang sama ketika digunakan untuk hidung yang sedang pilek atau mulut yang sedang batuk.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.