Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Covid-19 Bisa Menular Lewat Mata, Begini Cara Mencegahnya

Bagaimana hal ini bisa terjadi, dan bagaimana mencegahnya?

Direktur Utama JEC Eye Hospital Clinics, Dr Setiyo Budi Riyanto SpM(K), menjelaskan bahwa memang secara teori dikatakan penularan Covid-19 bisa dari droplet, yaitu media yang ada di bagian mukosa pada mata, hidung dan mulut.

"Sebenarnya patogenesis terjadi penularan melalui mukosa di mata ini tidak banyak detail laporannya. Mukosa ini adalah cairan yg basah, nah ini dikhawatirkan bisa menular lewat itu," kata Budi dalam acara bertajuk "Deteksi Dini sebagai Langkah Jitu Melawan si Pencuri Penglihatan", Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Hal itu terjadi ketika Anda tanpa disadari memegang benda atau bersalaman dengan pasien positif Covid-19 namun tidak segera mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer dan langsung menyentuh hidung, mata atau mulut. Dengan begitu, virus tersebut juga bisa masuk ke tubuh Anda.

"Bisa ditularkan lewat itu. Tapi angka pastinya belum dapat, tapi dicurigai bisa melalui mukosa (hidung, mulut dan mata)," kata dia.

Jika pencegahan untuk mulut dan hidung bisa menggunakan masker, lalu bagaimana mencegah penularan melalui media mata?

Menurut Budi ada hal yang masih bisa dilakukan untuk mencegah virus masuk melalui mukosa pada mata yaitu dengan tidak sering mengucek mata. Selain itu, gunakan tisu saat ingin menyentuh mata.

"Tapi kalau mata, bisa dengan tidak mudah kontak dengan mata setelah memegang benda lain," kata dia.

Menggunakan tisu merupakan perlakuan yang sama ketika digunakan untuk hidung yang sedang pilek atau mulut yang sedang batuk.

Kendati mata Anda terasa kering ataupun sakit, cobalah untuk tidak menyentuhnya dengan tangan telanjang.

"Ambil tisu dan buang. Jangan dipakai berulang. Jangan pakai sapu tangan. Kalau sakit lagi, ambil tisu lagi dan jangan diulang-ulang dengan satu tisu yang sama dengan sebelumnya," ujar dia.

Penggunaan sapu tangan, kata Budi, seringkali tidak higienis karena telah digunakan untuk berbagai kondisi entah mengelap keringat di wajah, saat batuk, jadi lap ketika bersin atau pilek dan lain sebagainya.

Ini juga dapat memicu infeksi dari beragam jenis organisme jahat lainnya, tidak hanya virus corona.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/17/180300523/covid-19-bisa-menular-lewat-mata-begini-cara-mencegahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke