CT Scan Pasien Covid-19 Ini Tunjukkan Keparahan akibat Virus Corona

Kompas.com - 05/03/2020, 10:03 WIB
Ilustrasi CT scan dada tunjukkan pneumonia, virus corona penyebab Covid-19. Ilustrasi CT scan dada tunjukkan pneumonia, virus corona penyebab Covid-19.


KOMPAS.com - Baru-baru ini, hasil computed tomography (CT) scan dada pasien Covid-19 menunjukkan tingkat keparahan penyakit pneumonia dari virus corona.

Virus corona Wuhan yang menyebabkan Covid-19 terus menarik perhatian peneliti.

Berbagai penelitian terus dilakukan untuk mencari tahu karakter virus, hingga upaya pencegahan, penanganan, dan vaksin untuk menangkalnya.

Penelitian baru pada virus corona Covid-19, seperti dilansir Science Daily, Rabu (4/3/2020), adalah studi multi-center yang dilakukan para peneliti.

Baca juga: Kasus Covid-19 di China Menurun, Ini Pelajaran bagi Indonesia dan Dunia

Studi ini dilakukan untuk melihat hubungan antara temuan CT dada dan kondisi klinis pneumonia Covid-19.

Dalam studi tersebut ditetapkan, sebagian besar pasien dengan Covid-19 pneumonia memiliki tingkat kekeruhan Ground-glass opacities (GGO) sebesar 86,1 persen.

Atau GGO campuran dan konsolidasi sebesar 64,4 persen, serta pembesaran vaskular dalam lesi sebesar 71,3 persen.

Ground-glass opacities (GGO) yakni area dengan peningkatan pelemahan dalam paru. Penelitian ini dipublikasikan dalam American Journal of Roentgenology (AJR).

Baca juga: Duduk Perkara Kegaduhan Pria Jepang Positif SARS Coronavirus Tipe 2, bukan Covid-19

Penulis utama Wei Zhao, Zheng Zhong, dan rekannya mengungkapkan lesi yang ada pada gambar CT pasien Covid-19 lebih cenderung memiliki distribusi perifer sebesar 87,1 persen.

Selain itu, keterlibatan timbal balik sebesar 82,2 persen dan paru-paru bagian bawah menjadi lebih dominan sebesar 54,5 persen, serta multifokal sebesar 54,5 persen.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X