Fenomena Langit Bulan Ini: 4 yang Bisa Dilihat dengan Mata Telanjang

Kompas.com - 04/03/2020, 18:30 WIB
Sebuah pesawat Embraer 190-100IGW dari Aerolineas Argentinas, dalam penerbangan reguler dari Buenos Aires ke kota Argentina Bahia Blanca, melintas di depan Supermoon, Selasa (19/2/2019). Fenomena Supermoon kali ini yang disebut juga dengan Super Snow Moon terjadi saat bulan berada pada titik perige terdekat yakni 363.300 km dari bumi sehingga bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama biasanya. AFP/ALEJANDRO PAGNISebuah pesawat Embraer 190-100IGW dari Aerolineas Argentinas, dalam penerbangan reguler dari Buenos Aires ke kota Argentina Bahia Blanca, melintas di depan Supermoon, Selasa (19/2/2019). Fenomena Supermoon kali ini yang disebut juga dengan Super Snow Moon terjadi saat bulan berada pada titik perige terdekat yakni 363.300 km dari bumi sehingga bulan terlihat 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih terang dari bulan purnama biasanya.

KOMPAS.com – Setiap bulan, selalu ada peristiwa langit yang bisa disaksikan. Bulan ini misalnya, Maret 2020, setidaknya terdapat empat peristiwa langit yang bisa dilihat.

“Semuanya mudah dilihat dengan mata telanjang,” tutur astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo kepada Kompas.com, Rabu (4/3/2020).

Baca juga: Inilah 5 Peristiwa Penting Astronomi yang akan Terjadi Pada 2020

Apa saja empat peristiwa tersebut? Berikut daftarnya.

1. Purnama perigean/ supermoon

Marufin menyebutkan, supermoon akan terjadi pada Selasa (10/3) malam.

“Bulan purnama bertepatan dengan Bulan menempati titik perigee (titik terdekat ke Bumi dalam orbit Bulan) dengan jarak 357.100 kilometer,” tuturnya.

Baca juga: Fenomena Langit Bulan Ini, Ada Supermoon dan Merkurius Jangan Terlewat

2. Konjugsi Bulan dengan Mars dan Jupiter

Pada peristiwa langit ini, Bulan akan nampak berdekatan dengan Mars dan Jupiter dan mudah diamati hingga jelang waktu subuh.

“Terjadi pada Rabu, 18 Maret dini hari,” tutur Marufin.

Rupa Jupiter ditangkap wahana nirawak milik NASA, Juno, pada (12/9/2019). Lingkaran hitam itu adalah bayangan bulan Jupiter, Io. Rupa Jupiter ditangkap wahana nirawak milik NASA, Juno, pada (12/9/2019). Lingkaran hitam itu adalah bayangan bulan Jupiter, Io.

3. Ekuinoks

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X