Apa Saja yang Harus Diketahui Ibu Hamil Soal Virus Corona?

Kompas.com - 04/03/2020, 10:12 WIB
Ilustrasi hamil ShutterstockIlustrasi hamil

KOMPAS.com - Wabah Covid-19 yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 telah menginfeksi lebih 90.000 orang di seluruh dunia.

Pada Senin (2/3/2020), Presiden Jokowi mengonfirmasi dua kasus Covid-19 baru di Indonesia.

Dalam pemberitaan sebelumnya dikatakan bahwa orang yang paling berisiko terinfeksi virus corona Wuhan adalah mereka yang berusia lanjut.

Lantas, bagaimana dengan ibu hamil? Pasalnya ibu hamil juga sangat rentan terhadap infeksi pernapasan, apa ini juga berlaku untuk Covid-19?

Baca juga: 11 Mitos tentang Virus Corona yang Tak Usah Dipercaya Lagi

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sejauh ini ibu hamil tidak lebih mungkin mengalami gejala yang lebih parah dibanding orang lain.

Dalam analisisis terhadap 147 perempuan hamil, hanya delapan persen yang memiliki penyakit parah dan 1 persen dalam kondisi kritis. Laporan ini diterbitkan WHO Jumat (28/2/2020).

Sementara itu, menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal Lancet edisi Februari, masih terlalu dini untuk mengetahui dampak pada bayi yang ibunya terinfeksi virus corona Covid-19.

Sejauh ini, bayi yang lahir dari ibu terinfeksi Covid-19 tampak sehat dan tidak tertular virus.

"Untungnya tidak ada bukti penularan dari ibu ke bayinya," kata Dr Wei Zhang, ahli epidemiologi dari Universitas Northwestern dan salah satu penulis studi yang terbit di jurnal Lancet.

Dilansir New York Times, Selasa (3/3/2020), Zhang memperingatkan bahwa penelitian yang dilakukannya bersama tim masih dalam skala kecil.

Jika bisa disebut, penelitian ini tidak menawarkan petunjuk apapun tentang efek infeksi Covid-19 pada ibu hamil di awal kehamilan.

Demam pada awal kehamilan berhubungan dengan cacat lahir dan dapat memengaruhi kondisi perkembangan janin.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X