Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER SAINS] Telapak Tangan Gatal Tanda Penyakit | Sejarah Perumusan Teks Proklamasi | Perbedaan Tata Surya, Galaksi dan Alam Semesta | Kandungan Nutrisi Susu

KOMPAS.com - Telapak tangan terasa gatal, ternyata bukan karena mau dapat uang. Simak berita populer Sains tentang tanda penyakit karena telapak tangan gatal.

Telapak tangan gatal bisa jadi tanda penyakit yang mungkin diperlukan perawatan yang berkala.

Dengan menemukan penyebab telapak tangan gatal ini, tentunya akan dapat membantu menghentikan rasa gatal, serta mengetahui tanda penyakit lebih cepat, sehingga memudahkan perawatan.

Dibalik penyusunan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia ada kisah menarik, yakni dilakukan di rumah seorang perwira Jepang.

Sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di rumah Laksamana Maeda, menjadi bukti upaya Jepang mendukung Indonesia merdeka, setelah kalah dari sekutu.

Tata surya, galaksi dan alam semesta adalah tiga hal berbeda. Namun, perbedaan ketiganya, memiliki saling keterkaitan yang tidak dapat terpisahkan.

Susu mengandung banyak nutrisi sehat bagi tubuh, terutama susu sapi. Kandungan nutrisi susu tidak hanya terdiri dari kalori, lemak dan protein saja, tetapi juga mengandung gula atau karbohidrat, fostor, bahkan mineral seperti vitamin D dan potasium.

Berikut beberapa rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (29/9/2022).

Telapak tangan gatal tanda penyakit

Keluhan telapak tangan gatal, bukanlah tanda akan dapat uang. Ternyata secara medis, penyebab telapak tangan gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi dan bisa jadi suatu tanda penyakit.

Ada beberapa kondisi yang menjadi penyebab telapak tangan gatal. Seperti kulit kering, yang mana dapat diakibatkan oleh suhu dingin atau kebiasaan mencuci tangan berulang kali.

Kulit kering dapat mengiritasi dan menyebabkan rasa gatal. Rasa gatal dapat diatasi dengan mengoleskan losion pelembab.

Penyebab lain telapak tangan gatal, bisa jadi karena reaksi alergi. Pada beberapa kasus, telapak tangan yang gatal bisa terjadi selama beberapa jam setelah kontak dengan alergen.

Telapak tangan gatal bisa juga disebabkan oleh penyakit, seperti psoriasis. Ini adalah kondisi kulit yang umumnya menyebabkan pertumbuhan sel-sel kulit tidak terkendali.

Gejala psoriasis yang biasanya muncul seperti melepuh merah atau terkadang kulit bersisik, nyeri disertai sendi bengkak, atau kulit pecah-pecah.

Penyebab telapak tangan gatal juga bisa karena eksim. Penyakit kulit ini merupakan kondisi yang membuat kulit gatal, termasuk di bagian telapak tangan.

Selain itu, eksim juga bisa menyebabkan bercak berwarna pada kulit di daerah yang terkena.

Pada orang dengan diabetes juga dapat saja mengeluhkan telapak tangan gatal. Kendati hal ini jarang, namun diabetes juga dapat menyebabkan telapak tangan terasa gatal.

Berita populer Sains tentang telapak tangan gatal tanda penyakit ini, selengkapnya dapat disimak di sini.

Sejarah perumusan teks proklamasi di rumah perwira Jepang

Kisah dibalik penyusunan atau perumusan naskah teks proklamasi kemerdekaan Indonesia, yang menarik adalah dilakukan di rumah seorang perwira Jepang.

Laksamana Angkatan laut Jepang Tadashi Maeda, adalah orang Jepang yang menyediakan kediamannya untuk digunakan sebagai tempat untuk merumusukan teks proklamasi pada 16 Agustus 1945.

Kebetulan Maeda berhubungan baik dengan Ahmad Soebardjo yang juga merupakan anggota BPUPKI dan PPKI yang menilai bahwa kediaman Laksamana Jepang tersebut aman untuk dua tokoh penting dalam perjalanan proklamasi kemerdekaan Indonesia, Ir Soekarno dan Mohammad Hatta.

Perumusan teks Proklamasi di rumah Laksamana Maeda ini adalah sikap dukungan Jepang terhadap kemerdekaan Indonesia, yang ditunjukkan oleh angkatan laut Jepang.

Rumah Laksamana Maeda dianggap sebagai tempat yang aman yang dituju untuk dapat segera dilakukan percepatan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Saat itu, Indonesia terbagi atas dua wilayah kekuasaan. Wilayah Jawa, Sumatera, Bali dan Kalimantan dikuasai oleh angkatan darat Jepang.

Sedangkan Sulawesi dan Indonesia Timur, dikuasai angkatan laut Jepang, yang mana kantor perwakilan mereka berada di Jakarta.

Sekarang, rumah perwira Jepang tersebut telah menjadi Museum Naskah Proklamasi, yang akan selalu mengingatkan pada sejarah bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan dari belenggu penjajahan.

Selengkapnya berita populer Sains tentang sejarah perumusan teks proklamasi kemerdekaan Indonesia di rumah perwira Jepang ini, dapat dibaca di sini.

Perbedaan tata surya, galaksi dan alam semesta

Bumi merupakan salah satu planet di tata surya yang mengorbit Matahari. Matahari adalah salah satu bintang di antara miliaran bintang di Galaksi Bima Sakti.

Tata surya terdiri dari Matahari, planet-planet yang mengorbitnya, bulan, asteroid, material komet, bebatuan, dan debu.

Sedangkan matahari hanyalah salah satu bintang di antara ratusan miliar bintang di Galaksi Bima Sakti. Jika ukuran Matahari dikecilkan hingga lebih kecil dari sebutir pasir, dapat dibayangkan bahwa Tata Surya mungkin seukuran dengan telapak tangan.

Meskipun tata surya lebih kecil dari alam semesta atau galaksi, ukuran sebenarnya dari tata surya yang paling kecil pun tetap sulit dipahami oleh pikiran manusia.

Galaksi hadir dalam berbagai ukuran. Galaksi Bima Sakti adalah salah satu yang besar, tetapi beberapa galaksi lain, seperti Galaksi Andromeda, jauh lebih besar.

Galaksi Bima Sakti adalah salah satu di antara miliaran galaksi di alam semesta. dan galaksi ini diperkirakan berisi lebih dari 200 miliar bintang yang berbeda.

Sementara itu, alam semesta adalah yang terbesar dari ketiga konsep astronomi ini. Semua hal, termasuk galaksi dan tata surya, termasuk dalam alam semesta.

Lebih lengkap tentang berita populer Sains, perbedaan tata surya, galaksi dan alam semesta tersebut dapat dibaca di sini.

Kandungan nutrisi susu

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang paling banyak dikonsumsi di seluruh dunia, baik secara langsung maupun dicampurkan ke minuman lainnya.

Tergantung dari jenisnya, apakah itu susu sapi, kambing, almond, kedelai atau lainnya; kandungan nutrisi dalam susu bisa berubah-ubah.

Namun, dalam artikel kali ini, kita akan membahas susu sapi saja. Susu sapi ada yang murni dan ada yang versi rendah lemaknya atau skim.

Susu murni adalah susu dengan kandungan lemak susu 3,5-3,8 persen. Secangkir atau 244 gram susu murni mengandung kalori, lemak, protein, gula atau karbohidrat, kalsium, fosfor, potassium atau kalium.

Seperti disebutkan di atas, susu sapi mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, fosfor, potassium dan vitamin D. Akan tetapi, susu sapi juga sumber yang baik untuk kolina, magnesium, vitamin A, riboflavin, vitamin B-6, vitamin B-12, folat dan lain-lain.

Selengkapnya berita populer Sains tentang kandungan nutrisi susu, dapat disimak di sini.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/09/30/070300223/-populer-sains-telapak-tangan-gatal-tanda-penyakit-sejarah-perumusan-teks

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke