Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Ukuran Payudara Perempuan Besar Sebelah? Sains Jelaskan

KOMPAS.com - Beberapa perempuan mungkin masih belum mengetahui, bahwa ukuran payudara kanan dan kiri bisa tidak sama. Satu sisi payudara dapat memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Melansir Times of India, edisi 28 Juni 2017 penelitian terhadap 100 perempuan yang menginginkan pembesaran payudara dengan implan menemukan, bahwa sekitar 88 persen di antaranya memiliki payudara asimetris atau tidak sama secara alami.

Lantas, mengapa hal ini bisa terjadi? Untuk menjawabnya, misteri tubuh manusia kali ini membahas mengenai penyebab ukuran payudara berbeda.

Konsultan Senior, Obstetri dan Ginekologi di Max Multi Specialty Centre, Panchsheel Park Dr Jayashree Sundar, pun menjelaskan kemungkinan penyebab ukuran payudara yang tidak merata.

"Biasanya setiap payudara memiliki ukuran yang sedikit berbeda dari yang lain," ungkapnya.

Dalam beberapa kasus, lanjut dia, menunjukkan ukuran payudara yang tidak sama dapat disebabkan berbagai aspek. Meskipun demikian, perbedaan ukuran payudara pada perempuan sebenarnya adalah hal yang wajar.

Bentuk, ukuran, tekstur, dan karakteristik masing-masing puting juga bisa berbeda. Bahkan dalam hal kekencangan, payudara kanan dan kiri bisa saja memiliki tingkat yang berbeda.

"Jika Anda memiliki payudara yang asimetris, Anda tidak sendirian. Ini sangat umum dan wajar terjadi," ujar pakar kesehatan Jennifer Wider seperti dilansir dari Self, (2/11/2017).

Sementara, ahli onkologi bedah di Moffitt Cancer Center, Nazanin Khakpour menyampaikan bahwa lebih umum bagi perempuan, bila memiliki bentuk maupun ukuran payudara yang berbeda.

"Sebenarnya sangat biasa bagi wanita untuk memiliki bentuk dan ukuran payudara yang berbeda dibandingkan payudara yang benar-benar simetris. Payudara itu saudara, bukan anak kembar," paparnya.

Berikut beberapa penyebab ukuran payudara pada perempuan berbeda:

1. Pengaruh pubertas

Payudara kanan dan kiri yang tidak sama, bisa jadi merupakan bagian dari perubahan selama masa pubertas.

Perubahan ini dapat menyebabkan satu payudara mulai tumbuh sebelum yang lain, walaupun keduanya mungkin berhenti tumbuh pada saat yang sama.Terkadang perbedaannya dapat tak disadari bahkan hampir luput dari perhatian siapa pun.

2. Menyusui

Menurut Sundar, ibu menyusui cenderung mengembangkan payudara yang tidak sama, karena terkadang mereka menyusui bayinya cenderung hanya dari satu payudara saja.

"Hal ini dapat menyebabkan perbedaan ukuran payudara mereka. Ibu-ibu ini dapat mencoba memberi makan bayi dari kedua payudara untuk menjaga (ukuran payudara) tetap simetri," jelasnya.


3. Benjolan di payudara

Benjolan payudara adalah pertumbuhan jaringan yang berkembang di area ini. Benjolan payudara ini sering dianggap sebagai kanker, tetapi tidak selalu demikian.

Sebab, benjolan itu bisa saja dikarenakan hal lain seperti cedera traumatis pada payudara. Penyebab lain dari benjolan payudara adalah payudara fibrokistik, suatu kondisi yang menyebabkan payudara terasa kental atau seperti tali.

Ini adalah kondisi umum dan tidak berbahaya. Namun, jika Anda merasakan nyeri payudara yang konstan, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

4. Faktor gen

Dalam kebanyakan kasus, masih belum ada penyebab pasti bagaimana payudara pada perempuan berbeda. Namun, dalam kasus tertentu, bisa karena alasan genetik

Dokter Sundar berkata, gen seseorang dapat bertanggung jawab atas ukuran payudara yang tidak merata.

Kondisi tersebut dikarenakan gen memainkan peran penting dalam menentukan kekuatan ligamen, dan elastisitas kulit.

https://www.kompas.com/sains/read/2022/07/22/130300523/mengapa-ukuran-payudara-perempuan-besar-sebelah-sains-jelaskan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke