Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Alternatif Gula Rendah Glikemik

KOMPAS.com - Kurma adalah buah sehat yang mungkin dihindari sebagian orang. mereka menganggap kurma sangat manis dan tinggi gula sehingga perlu dihindari. Padahal, manfaat kurma untuk kesehatan sangat banyak.

Kandungan nutrisi kurma

Dalam 100 gram kurma, terdapat berbagai nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut nutrisi dalam kurma:

  • Kalori: 277 kalori
  • Karbohidrat: 75 gram
  • Serat: 7 gram
  • Protein: 2 gram
  • Potasium: 20 persen dari kebutuhan harian
  • Magnesium: 14 persen dari kebutuhan harian
  • Mangan: 15 persen dari kebutuhan harian
  • Vitamin B6: 12 persen kebutuhan harian

Manfaat kurma

1. Baik untuk kesehatan saluran pencernaan

Kurma mengandung serat tinggi. Serat adalah zat yang penting untuk kesehatan saluran pencernaan. Sebuah studi menunjukkan mengonsumsi kurma secara rutin selama 21 hari memiliki pergerakan usus yang lebih lancar dibandingkan mereka yang tidak makan kurma.

2. Kaya antioksidan

Kurma mengandung berbagai antioksidan berbeda yang baik untuk menangkal radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit kronis.

Beberapa antioksidan di dalam kurma adalah flavonoid, karoteinoid, dan asam fenol. Ketiganya diketahui mampu mencegah penyakit kardiovaskular, diabetes, Alzheimer, degenerasi makular, dan kanker.

3. Baik untuk kesehatan otak

Manfaat kurma yang tidak kalah penting adalah mampu menurunkan salah satu biomarker inflamasi, yaitu interleukin 6 (IL-6). IL-6 erat kaitannya dengan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

Selain itu, kurma mampu menurunkan produksi protein beta amiloid yang menyebabkan pembentukan plak pada otak. Ini adalah salah satu faktor yang memicu penyakit Alzheimer.

4. Memperlancar proses persalinan

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi 6 butir kurma per hari selama 4 minggu sebelum hari perkiraan lahir meningkatkan kemungkinan untuk melahirkan secara normal dengan waktu yang lebih singkat.

5. Pemanis alami yang rendah indeks glikemik

Kurma kaya akan fruktosa yang bisa mengganti gula untuk konsumsi harian. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memiliki gula darah tinggi atau memiliki penyakit diabetes.

Kurma memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan membuat gula darah meningkat secara signifikan setelah konsumsi kurma.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/31/163000123/5-manfaat-kurma-untuk-kesehatan-alternatif-gula-rendah-glikemik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke