Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Galaksi Triangulum, Galaksi Terdekat Kedua dari Galaksi Bima Sakti

KOMPAS.com - Galaksi Triangulum adalah galaksi terdekat kedua dari galaksi kita. Galaksi Triangulum disebut juga dengan nama galaksi M33. Galaksi ini adalah salah satu galaksi yang mampu ditangkap gambarnya oleh teleskop Bumi.

Karakter Galaksi Triangulum

Galaksi Triangulum terletak di konstelasi Triangulum yang berbentuk segitiga. Galaksi M33 ini berbentuk spiral.

Galaksi ini memiliki ukuran setengah dari ukuran Galaksi Bima Sakti. Berdasarkan perhitungan dari gambar yang ditangkap Hubble, Galaksi Triangulum memiliki diameter berukuran 60.000 tahun cahaya.

Telah disebutkan bahwa Galaksi Triangulum adalah galaksi terdekat kedua dengan kita, yaitu dengan jarak 3 juta tahun cahaya. Sedangkan galaksi yang yang paling dekat dengan kita, yaitu Galaksi Andromeda, berjarak 2,5 juta tahun cahaya.

Karena jaraknya yang lebih jauh dari Galaksi Andromeda, melihat Galaksi Triangulum tidak semudah melihat Galaksi Andromeda. Kita harus memastikan posisi galaksi ini dengan tepat dan harus berada di tempat yang minim cahaya. Selain itu, menggunakan teleskop juga akan sangat membantu.

Keunikan Galaksi Triangulum yang berwarna biru

Inti dari Galaksi Triangulum adalah nebula, yaitu gumpalan debu dan gas. Area ini merupakan area yang aktif sebagai tempat diproduksinya bintang.

Galaksi Triangulum memproduksi banyak sekali bintang dan tersebar di galaksinya. Oleh karena itu, pada Galaksi Triangulum terlihat berwarna biru. Itu merupakan bintang-bintang yang terus terbentuk di galaksi ini.

Bahkan, menurut NASA, tingkat pembentukan bintang di Galaksi Triangulum 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan Galaksi Andromeda.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/10/03/212100523/galaksi-triangulum-galaksi-terdekat-kedua-dari-galaksi-bima-sakti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke