Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ahli: Covid-19 pada Wanita Hamil Bisa Pengaruhi Kesehatan Janin

KOMPAS.com – Di masa pandemi Covid-19, wanita hamil harus menjaga kesehatan secara ekstra untuk melindungi diri dan calon buah hati dari paparan virus corona.

Terlebih lagi, saat ini muncul varian virus corona yang penyebarannya sangat cepat sehingga upaya pencegahan harus diketatkan.

Ida Maryati, S.Kp., M.Kep., Sp.Mat., PhD, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad), mengatakan bahwa Covid-19 yang menyerang wanita hamil juga akan berpengaruh terhadap bayi yang dikandungnya.

“Sebetulnya pencegahan pada ibu hamil ini sama saja dengan pencegahan pada dewasa lain. Namun, untuk ibu hamil ini harus benar-benar memperhatikan karena yang terserang bukan hanya ibunya, tapi juga ada jani yang dikandungnya,” ujar Ida, dilansir dari situs resmi Unpad.

Ida menjelaskan, wanita hamil mengalami banyak perubahan, termasuk perubahan hormonal yang membuatnya menjadi rentan terserang infeksi.

Salah satu risiko yang mungkin terjadi jika wanita hamil terinfeksi Covid-19 adalah keguguran, gawat janin, persalinan prematur, ketuban dini, hingga masalah pertumbuhan janin.

Untuk mencegah risiko tersebut, setiap wanita hamil wajib menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Menurut Ida, wanita hamil perlu membekali dirinya dengan pengetahuan seputar Covid-19 agar semakin paham dan patuh terhadap protokol kesehatan.

Selain itu, wanita hamil juga disarankan agar rutin berolahraga, istirahat yang cukup, dan mengonsumsi makanan sehat serta seimbang.

Rutin olahraga di masa kehamilan akan membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Olahraga pun dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi rasa tidak nyaman di punggung akibat kehamilan.

Kemudian, istirahat yang cukup juga sangat penting bagi wanita hamil. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh sehingga berbagai penyakit dapat dicegah.

Pola makan yang sehat dan seimbang akan mendorong kesehatan wanit hamil melalui pemenuhan kebutuhan protein, vitamin, mineral, lemk sehat, cairan, dan serat.

Dilansir dari Healthline, beberapa makanan yang penting dikonsumsi wanita hamil adalah kacang-kacangan, ubi jalar, ikan salmon, telur, sayuran berdaun hijau, dan lain-lain.

Dengan cara-cara tersebut, kesehatan wanita hamil dan bayi dalam kandungannya akan lebih terjaga dari paparan virus berbahaya.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/07/26/212230323/ahli-covid-19-pada-wanita-hamil-bisa-pengaruhi-kesehatan-janin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke