Salin Artikel

Ilmuwan Sebut Virus Corona Mampu Beradaptasi Sangat Baik dalam Menginfeksi Manusia

Para ilmuwan yang menggunakan pemodelan komputer untuk mempelajari SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan pandemi Covid-19, telah menemukan bahwa virus tersebut paling cocok \menginfeksi sel manusia - daripada sel kelelawar atau trenggiling Hal ini kembali menimbulkan pertanyaan tentang asal-usul virus corona.

Dalam sebuah makalah yang diterbitkan di jurnal Nature Scientific Reports, para ilmuwan Australia menggambarkan bagaimana mereka menggunakan pemodelan komputer berkinerja tinggi dari bentuk virus SARS-CoV-2 pada awal pandemi untuk memprediksi kemampuannya menginfeksi manusia dan 12 jenis hewan domestik dan eksotis.

Pekerjaan mereka membantu mengidentifikasi vektor hewan perantara apa pun, yang mungkin berperan dalam menularkan virus kelelawar ke manusia.

Selain itu juga untuk memahami risiko apa pun yang ditimbulkan oleh kerentanan hewan pendamping seperti kucing dan anjing, dan hewan komersial seperti sapi, domba, babi dan kuda.

Melansir Medical Xpress, para ilmuwan, dari Flinders University dan La Trobe University, menggunakan data genomik dari 12 spesies hewan untuk dengan susah payah membangun model komputer dari reseptor protein ACE2 untuk setiap spesies.

Model-model ini kemudian digunakan untuk menghitung kekuatan pengikatan protein lonjakan SARS-CoV-2 ke reseptor ACE2 masing-masing spesies.

Yang mengejutkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 terikat pada ACE2 pada sel manusia lebih erat daripada spesies hewan yang diuji, termasuk kelelawar dan trenggiling.

Jika salah satu spesies hewan yang diuji adalah sumber asal munculnya virus, biasanya diharapkan menunjukkan lonjakan protein tertinggi terhadap virus corona.

Profesor Universitas La Trobe David Winkler mengatakan, manusia menunjukkan ikatan lonjakan terkuat, konsisten dengan kerentanan tinggi terhadap virus, sehingga sangat mengejutkan jika hewan adalah sumber awal infeksi pada manusia.

Temuan ini awalnya dirilis pada server pracetak ArXiv, namun kini telah peer review dan diterbitkan dalam Laporan Ilmiah.

"Pemodelan komputer menemukan, bahwa kemampuan virus untuk mengikat protein ACE2 kelelawar relatif buruk dibandingkan dengan kemampuannya untuk mengikat sel manusia. Ini seakan menentang virus yang ditularkan langsung dari kelelawar ke manusia,” kata Profesor Nikolai Petrovsky yang berafiliasi dengan Flinders

“Oleh karena itu, jika virus memiliki sumber alami, ia hanya bisa datang ke manusia melalui spesies perantara, yang mana ini belum ditemukan," imbuhnya.

Pemodelan komputer tim menunjukkan virus SARS-CoV-2 juga relatif kuat terikat pada ACE2 dari trenggiling, pemakan semut eksotis langka yang ditemukan di beberapa bagian Asia Tenggara dengan contoh penggunaan sesekali sebagai makanan atau obat-obatan tradisional.

Profesor Winkler mengatakan, trenggiling menunjukkan energi protein lonjakan tertinggi dari semua hewan yang diteliti - jauh lebih tinggi daripada kelelawar, monyet, dan ular.

"Meskipun pada awal pandemi beberapa ilmuwan pernah mengatakan mereka telah menemukan SARS-CoV-2 pada trenggiling, hal ini karena kesalahpahaman dan klaim ini dengan cepat ditarik kembali,” kata Profesor Petrovsky.

“Hal itu karena virus corona pada trenggiling yang mereka gambarkan memiliki kurang dari 90% kesamaan genetik dengan SARS-CoV-2 dan karenanya tidak bisa menjadi nenek moyangnya," lanjut Professor Petrovsky.

Namun, penelitian ini dan lainnya menunjukkan bahwa bagian spesifik dari protein lonjakan virus corona trenggiling yang mengikat ACE2 hampir identik dengan protein lonjakan SARS-CoV-2.

Pembagian protein lonjakan yang hampir identik ini, menurut Professor Petrovsky hampir pasti menjelaskan mengapa SARS-CoV-2 mengikat sangat baik pada trenggiling ACE2.

Ia melanjutkan, protein lonjakan trenggiling dan SARS-CoV-2 mungkin telah mengembangkan kesamaan melalui proses evolusi konvergen, rekombinasi genetik antara virus, atau melalui rekayasa genetika, tanpa ada jalan untuk membedakan antara kemungkinan-kemungkinan ini.

"Secara keseluruhan, mengesampingkan hasil ACE2 trenggiling yang menarik, penelitian kami menunjukkan bahwa virus Covid-19 beradaptasi dengan sangat baik untuk menginfeksi manusia," Kata Profesor Petrovsky.

"Kami juga menyimpulkan, bahwa beberapa hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan sapi kemungkinan juga rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2," tambah Profesor Winkler.

Pertanyaan yang sangat penting dan terbuka adalah, tentang bagaimana virus menginfeksi manusia memiliki dua penjelasan utama saat ini.

Virus mungkin telah ditularkan ke manusia dari kelelawar melalui hewan perantara yang belum ditemukan (asal zoonosis), tetapi belum dapat disanggah bahwa virus itu dilepaskan secara tidak sengaja dari laboratorium virologi.

Penyelidikan ilmiah dan berbasis bukti yang menyeluruh, diperlukan untuk menentukan dari penjelasan ini mana yang benar.

Bagaimana dan di mana virus SARS-CoV-2 beradaptasi menjadi patogen manusia yang begitu efektif tetap menjadi misteri, para peneliti menyimpulkan, bahwa menemukan asal-usul penyakit akan membantu upaya untuk melindungi umat manusia dari pandemi virus corona di masa depan.