Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Peregangan untuk Mencegah Jari Tangan Kaku dan Nyeri Selama WFH

Sehingga, masih banyak pekerja yang bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), untuk mengurangi risiko penularan infeksi Covid-19.

Masalahnya, ketika WFH seringkali jam kerja menjadi lebih panjang, sehingga penggunaan gawai dan telepon genggam juga lebih lama.

Tak jarang, hal ini kemudian menimbulkan rasa nyeri ataupun kaku pada jari-jari tangan kita.

Umumnya, ada saja yang mengabaikan rasa kaku atau nyeri pada jari-jari ini saat bekerja dan memilih hanya menggunakan jari telunjuk saja untuk menekan tombol di gawai.

Rasa kaku dan nyeri pada jari-jari tangan umumnya semakin menjadi pada sore atau malam hari, dan sedikit membaik paad saat bangun pagi.

Kendati demikian, keluhan ini justru akan semakin memburuk jika diabaikan dalam jangka panjang.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dari RS Mitra Kemayoran Jakarta, dr Michael Triangto SpKO mengatakan, dalam jangka panjang keluhan tersebut dapat meluas ke daerah lengan, bahu, dan bahkan leher.

Ironisnya lagi, tambah Michael, banyak pasien baru mencari bantuan kesehatan pada saat keluhannya sudah menjadi sangat parah.

Padahal, dengan begitu tentu akan mempersulit dan memperpanjang masa penyembuhannya.

Cara mencegah nyeri jari-jari dan tangan

Sebelum terlambat, Michael mengingatkan, bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati.

Nyeri pada jari-jari dan tangan saat WFH termasuk penyakit yang jelas dapat dicegah, tentunya dengan senantiasa melakukan peregangan secara berkala dan teratur.

"Lakukan peregangan tersebut setiap satu jam atau lebih cepat jika dirasakan sudah menimbulkan rasa tidak nyaman," kata Michael yang juga Direktur Slim and Health Center Jakarta ini dalam keterangan tertulisnya diterima Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

"Namun, bilamana rasa nyeri itu sudah terjadi, tentu penanganannya akan membutuhkan perhatian lebih," imbuhnya

Untuk latihan peregangan, Anda bisa melakukan beberapa gerakan sebagai berikut.

1. Posisi tubuh duduk di kursi.

2. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke atas terhadap lengan, sehingga punggung tangan akan menghadap ke wajah.

3. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri kita pada jari-jari telapak tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.

4. Julurkan lengan kanan lurus ke depan dengan posisi telapak tangan tegak lurus ke bawah terhadap lengan sehingga telapak tangan akan menghadap ke wajah.

5. Letakkan ujung jari telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan dan tarik ke arah bahu, tahan selama lima detik kemudian lepaskan.

6. Lakukan hal yang sama pada telapak tangan kiri dan tahan selama lima hitungan

7. Lakukan secara bergantian pada telapak tangan kanan dan kiri masing-masing sebanyak lima kali atau yang di kenal pula sebagai lima kali repetisi

8. Jika saat melakukan peregangan dirasakan ada bagian yang sakit, maka peregangan tersebut harus dihentikan, agar tidak memperburuk keadaan yang ada pada saat itu.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/06/09/213000223/8-cara-peregangan-untuk-mencegah-jari-tangan-kaku-dan-nyeri-selama-wfh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke