Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mulai Malam Ini, Oposisi Solar Vesta Tampak di Arah Timur Langit Indonesia

KOMPAS.com - Jika Anda menyukai fenomena langit, maka jangan lewatkan penampakan fenomena menarik Oposisi Solar Vesta mulai nanti malam.

Vesta adalah objek terbesar kedua di sabuk asteroid, dengan diameter sebesar 530 kilometer dan diperkirakan memiliki massa 9 persen dari massa seluruh sabuk asteroid.

Asteorid ini ditemukan oleh astronom Jerman Heinrich Willhelm Olbers pada tanggal 29 Maret 1807.

Nama Vesta diambil dari nama dewi perawan dalam mitologi Romawi, yang merupakan dewi pelindung untuk rumah dan perapian.

Peneliti Pusat Penelitian Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Andi Pangerang, dalam keterangan tertulisnya melalui edukasi sains LAPAN mengatakan, Vesta mengorbit Matahari selama 3,63 tahun.

Oposisi Solar Vesta

Andi menyebutkan bahwa Vesta akan mengalami oposisi solar pada Jumat (5/3/2021) pukul 06.58 WIB dengan jarak 1,355 sa (202,7 juta kilometer) dan terletak di konstelasi Leo.

Oposisi solar adalah konfigurasi di mana objek berada di sisi yang berlawanan dengan Matahari, sebagaimana ketika fase Bulan purnama.

"Konfigurasi ini membuat Vesta akan tampak lebih terang jika diamati dari Bumi karena berjarak lebih dekat dengan Bumi," jelasnya.


Cara mengamatinya

Oposisi solar Vesta ini dapat Anda amati dari permukaan bumi. Namun, kecerlangan Vesta ketika oposisi solar sebesar +6,18, sehingga ketampakannya tidak bisa disaksikan langsung dengan mata telanjang.

Untuk melihatnya, Anda bisa menggunakan binokuler maupun teleskop 10 sentimeter.

Sejak malam ini, Kamis (4/3/2021) pada pukul 20.000 waktu setempat asteroid ini akan terlihat dari arah timur-timur laut.

Oposisi solar Vesta ini akan berkulminasi pada pukul 00.20 waktu setempat di arah utara dan terbenam pukul pukul 04.45 waktu setempat di arah barat-barat laut.

https://www.kompas.com/sains/read/2021/03/04/180300323/mulai-malam-ini-oposisi-solar-vesta-tampak-di-arah-timur-langit-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke