Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perilaku Aneh Panda Lumuri Kotoran Kuda di Tubuhnya, Apa Alasannya?

KOMPAS.com- Bagi penyuka panda, mungkin Anda akan cukup terganggu dengan fakta terbaru mengenai hewan pemakan bambu ini.

Dalam pengamatannya, peneliti menemukan perilaku yang tak biasa pada panda raksasa. Peneliti telah mengamati kalau hewan endemik China ini berguling-guling di atas kotoran kuda dan bahkan mengusapkannya pada tubuh mereka sendiri.

Hal tersebut pun membuat peneliti bertanya-tanya. Apakah perilaku itu untuk menutupi bau dari predator, semacam kamuflase, atau hanya kesenangan yang dilakukan panda semata.

Seperti dikutip dari IFL Science, Selasa (8/12/2020) Profesor Fuwen Wei dari Chinese Academy of Sciences mencatat bahwa mamalia jarang tertarik pada kotoran.

Biasanya mereka menunjukkan keengganan, kemungkinan untuk membatasi infeksi parasit.

Namun apa yang terlihat pada panda raksasa ini menjadi sebuah pengecualian dan perilaku tersebut menarik untuk dianalisis.

Selama 10 tahun, tim Profesor Wei mengamati panda liar di Qinling. Betapa terkejutnya saat mereka menemukan perilaku yang tak biasa pada panda.

Pertama-tama saat menemukan kotoran kuda, panda akan mengendus dengan hati-hati.

Selanjutnya menggosok kotoran pada pipi mereka, bergulung di atas kotoran, dan mengusap-usapkannya ke seluruh tubuh mereka. Kamera berhasil merekam 38 kejadian tersebut hanya dalam periode satu tahun.

Perilaku yang oleh peneliti dinamai dengan gulungan kotoran kuda, horse manure rolling (HMR) ini ternyata juga sangat bergantung pada cuaca.

HMR hanya terjadi dari November hingga April, yang rata-rata memiliki suhu di bawah 15 derajat Celcius, bahkan sebagian besar mendekati titik beku.

Tim juga mengamati jika panda menyukai kotoran kuda yang baru dibandingkan yang sudah lama.

Menurut peneliti, panda tertarik dengan kandungan beta-caryophyllene (BCP) dan caryophyllene oxide (BCPO) yang terdapat pada kotoran kuda yang baru.

Kedua kandungan itu diketahui berhubungan dengan termoregulasi TRPM8, sensasi yang menghangatkan tubuh seperti saat makan cabai.

Untuk analisis lebih lanjut, peneliti kemudian melakukan pengujian pada tikus. Hewan pengerat itu diberikan BCP dan BCPO.

Hasilnya tikus yang diberi dua kandungan tersebut lebih mungkin menjelajah di cuaca dingin.

Gabungan fakta-fakta tersebut membuat peneliti berpendapat jika perilaku aneh panda yang mengoles kotoran kuda ke seluruh tubuhnya dilakukan supaya tubuh mereka tetap hangat.

Strategi bertahan hidup panda yang cukup mengejutkan bukan? Temuan studi tersebut telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/09/120200523/perilaku-aneh-panda-lumuri-kotoran-kuda-di-tubuhnya-apa-alasannya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke