Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Kendari Terasa hingga Konawe

KOMPAS.com- Dini hari tadi tepatnya pada pukul 03.36 WIB, Kamis (3/12/2020) wilayah Kendari, Sulawesi Tenggara diguncang gempa bumi bermagnitudo M 5,3.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 3.41 LS dan 123.37 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 78 kilometer arah Timur Laut Konawe- Kepulauan Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 10 kilometer.

Ketua Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono ST Dipl Seis MSc  dalam keterangan tertulisnya mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," kata Rahmat.

Rahmat juga menyebutkan bahwa meskipun lokasi gempa bumi ini berada di laut tetapi hasil pemodelan BMKG tidak menunjukkan adanya potensi tsunami.

Namun, dampak getaran dari guncangan gempa bumi ini dirasakan di sejumlah daerah dengan intensitas yang bervariasi.

Pertama, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Kendari dengan intensitas III-IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara itu, di daerah Konawe Selatan, Konawe Kepulauan intensitas getaran gempa bumi ini dirasakan dengan skala II-III MMI, di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Terkait gempa susulan, hingga hari Kamis (3/12/2020) pukul 04.45 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau aftershock.

Akan tetapi, masyarakat tetap diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Serta, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/12/03/170300823/gempa-hari-ini--m-5-3-guncang-kendari-terasa-hingga-konawe

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke