Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ilmuwan Berencana Pelajari Bebatuan Mars di Siprus, Ini Alasannya

KOMPAS.com - Jumat kemarin (27/11/2020), pakar dari Siprus dan Internasional berencana menguji peralatan ruang angkasa di pulau Mediterania, sebelum mengirimnya ke planet Mars untuk mengukur usia bebatuan planet merah.

Ahli planet dan geologi tiba di Siprus awal bulan ini untuk menguji peralatan di pegunungan Troodos. Menurut para ilmuwan, lokasi itu memiliki kesamaan geologis dengan planet Mars.

Proyek ini didanai oleh Komisi Eropa. Hari Jumat kemarin adalah pertemuan pertama yang melibatkan Organisasi Eksplorasi Luar Angkasa Siprus (CSEO) dan Departemen Survei Geologi.

"Pertemuan itu membahas tujuan program luar angkasa internasional, kebutuhan geologi, dan lokasi yang paling cocok untuk proyek tersebut," kata pejabat Departemen Survei Geologi.

Dilansir AFP, Jumat (27/11/2020), proyek pengukuran batuan dianggap sangat inovatif.

"Sebab, tidak ada pengukuran akurat tentang usia batuan Mars dari misi sebelumnya," tambahnya dalam sebuah pernyataan.

Karena geologi Pegunungan Troodos di Siprus dianggap memiliki banyak kesamaan dengan bebatuan Mars, proyek ini pun bisa dimulai.

Pejabat direktur Departemen Survei Geologi, Christodoulos Hadjigeorgiou, mengatakan bahwa pertemuan hari Jumat berjalan lancar dengan pengetahuan lokal tentang lanskap yang ditawarkan kepada para ilmuwan internasional.

CSEO mengambil bagian dalam proyek penelitian internasional besar di Mars, bekerja sama dengan tiga negara Eropa lainnya serta Amerika Serikat.

"Proyek luar angkasa ini sekali lagi menyoroti keunikan geologi negara kita (Siprus), yang dapat membantu mempersiapkan misi luar angkasa ke benda langit lainnya," kata Kepala CSEO George Danos.

"Melalui kerja sama ini kami akan menciptakan lapangan kerja baru bagi para ilmuwan di Siprus dan proyek penelitian baru bekerja sama dengan badan antariksa internasional," tambahnya.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/11/28/170000223/ilmuwan-berencana-pelajari-bebatuan-mars-di-siprus-ini-alasannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke