Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ahli: Pentingnya Akses Tes PCR bagi Masyarakat Guna New Normal Aman

KOMPAS.com - Fase transisi menuju tatanan hidup baru atau new normal mulai diberlakukan di Indonesia, meskipun pandemi virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 masih terus berlangsung.

Bersamaan dengan kebijakan tersebut, data jumlah kasus positif penderita Covid-19 di Indonesia pun terus meningkat.

Melihat kondisi ini, pemerhati Genomik dan Molekuler sekaligus dokter peneliti di The Jikei University School of Medicine Tokyo, dr Budiman Kharma, mengungkapkan bahwa akses untuk tes PCR sangat penting dalam memasuki fase tatanan hidup baru ini.

"Memasuki fase tatanan hidup baru atau yang disebut new normal, sangat penting untuk dapat mengetahui apakah seseorang negatif dari penularan Covid-19," kata Budiman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/7/2020).

Dia melanjutkan, saat ini yang harus menjadi perhatian khusus bagi seluruh masyarakat adalah kesadaran terhadap penularan virus ini, karena tak semua yang positif menunjukkan gejala.

Nah, tes PCR atau tes laboratorium, sejak awal munculnya Covid-19 pada januari lalu hingga saat ini, masih menjadi gold standard (standar emas) karena menunjukkan hasil pasti dalam menentukan apakah seseorang terinfeksi virus SARS-CoV-2 atau tidak.

Sementara itu, rapid test hanyalah pemeriksaan penyaring guna mendeteksi keberadaan antibodi Igm dan IgG yang dihasilkan tubuh ketika terpapar virus corona.

Antibodi Igm dan IgG pun baru bisa terdeteksi 2-4 minggu setelah virus masuk.


Oleh sebab itu, tes PCR diharapkan dapat menjadi urgensi yang harus dilakukan oleh semua orang, baik yang sakit maupun yang sehat, guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman di saat roda ekonomi kembali berjalan.

Semakin banyak orang yang melakukan tes PCR, maka pemerintah pun bisa semakin cepat melakukan penanganan yang tepat agar Indonesia bisa kembali sehat.

Tidak hanya itu, akses tes PCR untuk masyarakat ini juga dapat menjadi sumber informasi bagi pemerintah ataupun institusi yang akan memulai kembali aktivitasnya seperti sebelum adanya pandemi Covid-19.

Namun, melihat besarnya dan tersebarnya populasi masyarakat Indonesia dibandingkan dengan jumlah tes PCR yang ditargetkan pemerintah, tentunya dibutuhkan bantuan dari seluruh pihak agar akses terhadap pengetesan ini semakin luas dan menjangkau banyak orang.

Selain itu, kapasitas laboratorium pengetesan PCR juga harus ditingkatkan, sehingga dapat memfasilitasi masyarakat untuk melakukan tes PCR dengan lebih terjangkau.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/07/11/193300523/ahli--pentingnya-akses-tes-pcr-bagi-masyarakat-guna-new-normal-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke