Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Di Tengah Pandemi, Pemeriksaan Kadar Kolesterol Tetap Harus Dilakukan

KOMPAS.com - Terlalu lama beraktivitas di rumah selama masa pandemi Covid-19 membuat beberapa orang merasakan kadar kolesterol mereka meningkat.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah, dr Franciscus SpPD mengungkap, kadar kolesterol dan bobot tubuh yang meningkat selama di rumah saja dikarenakan kurang melakukan aktivitas fisik dan tidak  memperhatikan pola makan.

Ironisnya, jika kondisi tersebut tidak disadari akan turut meningkatkan risiko terjadinya kejadian yang fatal.

"Bahaya ketika kadar kolesterol Anda naik dan tidak ada gejalanya," kata Frans.

Oleh sebab itu, Frans menegaskan, pemeriksaan berkala komponen lemak darah atau profil lipid menjadi hal yang penting dilakukan di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai ini.

Tahukah Anda apa saja komponen lemak darah yang wajib diperiksa itu?

Frans berkata, beberapa komponen lemak darah yang akan diperiksa di laboratorium untuk pemeriksaan kadar kolesterol darah adalah sebagai berikut.

  1. Kadar kolesterol total
  2. Kolesterol low-density lipoprotein (LDL) atau biasanya disebut sebagai kolesterol jahat.
  3. Kolesterol high-density lipoprotein (HDL), disebut sebagai kolesterol baik
  4. Trigliserida

Adapun, gangguan pada metabolisme lemak darah akan ditandai dengan peningkatan kadar kolesterol total, LDL, dan trigliserida. Sedangkan, kadar HDL nya menurun.

Pemeriksaan berkala ini menjadi penting, kata Frans, karena adanya hubungan antara gangguan metabolisme lemak darah dengan peningkatan risiko terjadinya penyakit jantung dan pembuluh darah.

"Seperti serangan jantung koroner dan stroke," kata dia.

Apa saja penyebab dan tips atasi gangguan metabolisme lemak darah?

Frans menyebutkan gangguan metabolisme lemak darah ini dapat disebabkan oleh gaya hidup, adanya penyakit lain yang memicu kenaikan kadar lemak darah. Antara lain penyakit hormon tiroid, ggangguan ginjal, diabetes melitus, dan faktor genetik atau keturunan.

"Maka, jika Anda memiliki orangtua dan keluarga dengan kadar kolesterol yang tidak normal, sebaiknya ajak juga untuk memeriksakan kadar kolesterol darah secara berkala," ujar dia.

Sementara itu, untuk mencegah terjadinya kondisi yang buruk akibat gangguan metabolisme darah di tengah pandemi Covid-19 ini, lakukan beberapa hal berikut:

  • Jalani pola hidup sehat
  • Hindari makanan berlemak
  • Konsumsi obat yang dianjurkan dokter secara teratur
  • Melakukan pemeriksaan berkala profil lipid Anda

Beberapa rumah sakit, saat ini sudah menyediakan layanan drive-thru untuk pemeriksaan laboratorium terkait gangguan metabolisme darah ini.

"Jadi, Anda dapat mengecek kadar kolesterol agar kondisi Anda tetap sehat selama masa pandemi ini," jelas dia.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/06/15/180300423/di-tengah-pandemi-pemeriksaan-kadar-kolesterol-tetap-harus-dilakukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke