Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ayah Dikarantina karena Virus Corona, Robot Gantikan Hadiri Pernikahan

KOMPAS.com - Virus corona membuat banyak acara penting tertunda, salah satunya momen pernikahan. Karena harus menjalani karantina, seorang ayah kirimkan robot untuk hadiri pernikahan anaknya.

Kecanggihan teknologi robot yang terus berkembang semakin memberi kemudahan bagi manusia.

Salah satunya robot telepresence yang dapat dikendalikan dari jarak sangat jauh melalui komputer atau perangkat gawai lainnya.

Robot ini memungkinkan orang berinteraksi dari jarak jauh.

Melansir VOA Indonesia, Sabtu (21/3/2020), seorang ayah dikarantina karena positif terinfeksi virus corona, di pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di California.

Sementara, putrinya akan melangsungkan pernikahan. Joel Young, seorang kontraktor teknisi bagian lampu kapal, kemudian mengirimkan robot telepresence untuk menggantikannya di pernikahan sang anak.


Ribuan penumpang di kapal pesiar Grand Princess terperangkap, setelah wabah virus corona, SARS-CoV-2 menginfeksi sejumlah penumpang.

Joel telah menjalani karantina dan menghabiskan waktunya di kabin kapal. Dia berharap dapat berada di Arizona, di rumahnya untuk bisa menghadiri pernikahan anaknya.

Sejumlah rekan Joel, akhirnya mencarikan jalan keluar, agar ia tetap bisa berada di acara sakral tersebut, yakni dengan sebuah robot.

Robot ini menggantikan perannya saat harus mengantarkan putrinya menuju altar pernikahan

Papabot, demikian nama yang diberikan untuk robot ini, dikirim ke Phoenix, Arizona. Robot ini kemudian didandani dengan dasi.

"Perangkan ini memungkinkan saya untuk mengontrol apa yang saya lihat, ke mana saya pergi," ungkap Joel.

Pandemi virus corona yang menyebabkan Covid-19, membuat dunia harus berjuang menghadapi berbagai kenyataan hidup.

Kehadiran teknologi robot ini, menjadi salah satu solusi yang dapat membantu peran manusia di tengah pandemi virus corona yang mewabah di seluruh dunia.

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/21/130300623/ayah-dikarantina-karena-virus-corona-robot-gantikan-hadiri-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke