Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Catat, Ini 5 Lokasi Populer Hunian di Tangerang Selatan

Kompas.com - 05/12/2023, 13:03 WIB
Nur Melati Syamdani,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Tangerang Selatan merupakan pemekaran dari Kabupaten Tangerang, Banten, yang berbatasan langsung dengan Jakarta. Meski dekat dengan DKI Jakarta, Tangerang Selatan menawarkan biaya hidup dan properti yang relatif terjangkau.

Berdasarkan pencarian di Realoka.com—situs jual beli properti di Indonesia, harga hunian dua lantai di Tangerang Selatan berada pada kisaran Rp 500 juta hingga Rp 2 miliar.

Pasangan muda yang mencari rumah pertama dapat mulai membeli properti satu lantai atau lahan kosong untuk harga lebih terjangkau.

Sebagai informasi, Galeri Realoka pun menampilkan tanah-tanah yang bisa dibeli, baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

Baca juga: Tahun Baru, Saatnya Berburu Apartemen Murah di Tangerang Selatan

Tangerang Selatan cukup strategis jika ditinjau dari keterjangkauan ke tempat kerja dan pusat bisnis utama jika pemiliknya harus bolak–balik ke Jakarta, Depok, ataupun Bogor.

Sudah begitu, Tangerang Selatan dikenal sebagai Kota Mandiri. Di kota tersebut, pusat perbelanjaan, sekolah, rumah sakit, rumah ibadah, ruang hijau terbuka, dan tempat rekreasi dapat dengan mudah ditemukan. Pengembangan dan pemeliharaan infrastruktur kota yang berkelanjutan dapat memberikan kenyamanan bagi warga Tangerang Selatan.

Selain itu, Tangerang Selatan memiliki perpustakaan kota dengan sistem digital yang terintegrasi. Berbagai perguruan tinggi pun mudah dijangkau dari Tangerang Selatan. Misalnya, Universitas Pamulang, Universitas Terbuka, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan Universitas Indonesia.

Ilustrasi rumah hunian di Tangerang SelatanDok. Realoka Ilustrasi rumah hunian di Tangerang Selatan
Dilansir dari situs Realoka.com, lokasi populer untuk hunian di Tangerang Selatan meliputi lima wilayah ini. Berikut kisaran harga rumah baru di perumahan dengan dua lantai, 3 kamar tidur, dan 2-3 kamar mandi.

1. Pondok Aren

  • Harga: Rp 850 Juta - Rp 1,3 miliar
  • Luas tanah: 50-72 m2

Wilayah ini berdekatan dengan area Bintaro yang memiliki variasi kuliner dan pusat perbelanjaan. Pondok Aren juga makin lengkap dengan ketersediaan angkutan umum beragam dan dekat dengan akses stasiun kereta Jabodetabek. Sudah begitu, area ini merupakan pilihan strategis yang dekat dengan pintu tol.

2. Pamulang

  • Harga: Rp 835 juta - Rp 1,36 miliar
  • Luas tanah: 60-84 m2

Pamulang berkembang sebagai pusat kota Tangerang Selatan. Namun, harga properti di Pamulang relatif ekonomis dibandingkan daerah lainnya di Tangerang Selatan. Jadi, cocok bagi Anda yang baru pertama kali ingin memiliki hunian.

Baca juga: Siap-siap, Tol Pamulang-Cinere Beroperasi dalam Waktu Dekat

Di kawasan tersebut juga tersedia fasilitas perguruan tinggi, yakni Universitas Pamulang. Keberadaan Universitas Pamulang di area ini pun turut mendongkrak tumbuhnya ragam kuliner yang diminati anak muda.

3. Ciputat

  • Harga: Rp 990 juta - Rp 1,65 miliar
  • Luas tanah: 68-80 m2

Ciputat berbatasan langsung dengan DKI Jakarta. Di sini juga tersedia kampus Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Di dekatnya, ada pula pasar tradisional yang hadir sejak zaman penjajahan Belanda. Terdapat pula Pasar Gintung yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas.

4. Serpong

  • Harga: Rp 990 juta - Rp 1,7 miliar
  • Luas tanah: 60-91 m2

Serpong menawarkan ragam destinasi wisata dan tempat rekreasi. Lokasi ini pun mudah dijangkau dari luar kota karena dilalui oleh pintu-pintu tol baru. Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) juga berlokasi di area Serpong.

5. BSD City

  • Harga: Rp 970 juta - Rp2 miliar
  • Luas tanah: 60-70 m2

BSD City merupakan area yang bagaikan sebuah kota mini tersendiri di area Serpong. Tata kotanya begitu teratur dan dilengkapi pusat perbelanjaan modern dan mal.

Baca juga: Reinstatement Tuntas, Tol BSD KM 8 Dibuka Dua Arah Mulai Rabu

BSD City menawarkan fasilitas publik yang lengkap, mulai dari sarana pendidikan, rumah sakit, hiburan, hingga perkantoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com