Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Singgah Pangkalpinang di Menteng Gratis, Ini Syarat Penggunaannya

Kompas.com - 11/10/2023, 11:11 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Rumah singgah bagi warga Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung di Jalan Pasuruan No 19, Menteng, Jakarta Pusat tak pernah sepi penghuni.

Rumah yang dilengkapi enam kamar tidur dan satu mobil ambulans itu sengaja disediakan bagi warga ber-KTP Pangkalpinang yang sedang berobat di Jakarta.

Pengelola rumah singgah Cut Nurlaila mengatakan, fasilitas rumah singgah disediakan secara gratis. Terdapat enam kamar yang masing-masingnya bisa menampung dua pasien.

Kemudian setiap pasien bisa dibantu maksimal dua pendamping. Sehingga rumah singgah bisa menampung maksimal sebanyak 24 orang.

Baca juga: Daftar Tunggu di Rumah Singgah Membeludak, Ini Tanggapan Pemprov Kepri

"Kamar, mobil ambulans dan makan siang satu kali sehari ditanggung Pemkot Pangkalpinang, jadi tidak dipungut biaya," kata Cut Nurlaila saat kunjungan awak media ke rumah singgah, Selasa (10/10/2023).

Rumah singgah Pangkalpinang berbentuk bangunan permanen dengan halaman dan teras yang bisa digunakan untuk bersantai. Pada bagian depan terpasang plang nama Rumah Singgah Pangkalpinang.

Bangunan yang dominan warna putih itu diresmikan pada 5 Maret 2021.

Rumah bertingkat dua itu juga dilengkapi ruang shalat, ruang tamu dan dapur seperti lazimnya rumah tinggal.
Sementara meja petugas registrasi ada di bagian teras yang berbentuk bundar.

Nurlaila menuturkan, tidak ada batasan tinggal bagi pasien yang membutuhkan. Pasien bisa menggunakan rumah singgah sampai dinyatakan sembuh atau proses pengobatan sudah selesai.

Baca juga: Gratis untuk Masyarakat Tidak Mampu, Rumah Singgah Mahligai Keris Diresmikan

Saat ini yang tinggal di rumah singgah merupakan peserta BPJS Kesehatan dan warga yang memang dianggap membutuhkan bantuan pemerintah.

Sebagai syaratnya, pasien harus melampirkan surat keterangan rujukan ke Jakarta, KTP dan surat pengantar dari Dinas Kesehatan Pangkalpinang.

Plt Kepala Dinas Kominfo Pangkalpinang Febri Yanto mengatakan, rumah singgah sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah dalam layanan kesehatan. Keberadaan rumah singgah harus disampaikan pada masyarakat agar bisa dimanfaatkan.

"Rumah singgah memang sengaja disediakan bagi warga yang membutuhkan. Lokasinya strategis karena berada di Jakarta Pusat," ujar Febri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com