Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tersedia Rumah Murah di Bantul, Cek Pilihannya di Sini (I)

Kompas.com - 09/10/2023, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Bantul terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang terkenal dengan wisata Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Daerah ini memiliki ratusan pilihan rumah subsidi yang terdaftar dalam Sistem Informasi Kumpulan Pengembang (Sikumbang).

Sementara berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 689/KPTS/M/2023 tentang Batasan Luas Tanah, Luas Lantai, dan Batasan Harga Jual Rumah Umum Tapak Dalam Pelaksanaan Kredit/Pembiayaan Perumahan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan, serta Besaran Subsidi Bantuan Uang Muka Perumahan, diketahui bahwa harga rumah subsidi telah naik.

Batas bawah harga rumah subsidi di Jawa (kecuali Jabodetabek) pada tahun 2023 adalah Rp 162 juta dan naik menjadi Rp 166 juta pada 2024.

Sehingga kemungkinan harga rumah subsidi di Kabupaten Bantul juga mengalami penyesuaian. Bagi Anda yang tengah mencari rumah murah di Bantul, berikut sejumlah pilihannya:

1. Nawa Village Bangunjiwo

Perumahan ini berlokasi di Bangunjiwo, Kasihan, Kabupaten Bantul yang dikembangkan oleh Maro Anugrah Jaya.

Terdapat 134 rumah subsidi dengan 52 unit lain terjual seharga Rp 130 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

2. Perumahan Griya Argatama

Dikembangkan oleh PT Devcorena Cipta Grhatama, perumahan ini berlokasi di Trimulyo, Jetis, Kabupaten Bantul.

Tersisa 2 unit rumah murah dengan 6 lainnya terjual seharga Rp 150,5 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

Baca juga: Kejar Zero Backlog Rumah 2045, Butuh Subsidi Rp 101 Triliun Per Tahun

3. Arthaka Village

Berlokasi di Trimulyo, Jetis, Kabupaten Bantul, perumahan ini dikembangkan oleh PT Drihatra Kertagriya Arthaka.

Masih tersedia 37 unit rumah murah dengan 45 lainnya terjual seharga Rp 150,5 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

4. Griya Asha Pulosari

Perumahan ini dikembangkan oleh Sudibyo Timbul Sukses yang berlokasi di Sendangsari, Pajangan, Kabupaten Bantul.

Terdapat 142 unit rumah subsidi seharga Rp 162 juta untuk luas bangunan 32 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

5. Perumahan Griya Argatama

Berlokasi di Gilangharjo, Pandak, Kabupaten Bantul, perumahan ini dikembangkan oleh PT Insan Barokah Ridho Illahi.

Tersisa 8 rumah murah dengan 5 unit lainnya terjual seharga Rp 150,5 juta untuk luas bangunan 30 meter persegi dan luas lahan 60 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com