Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minimalkan Polusi Udara dari Rumah, IKEA Hadirkan 2 Produk Baru

Kompas.com - 07/09/2023, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Buruknya kualitas udara di DKI Jakarta dan sekitarnya menyita perhatian publik akhir-akhir ini.

Kondisi inilah yang membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar rapat terbatas (ratas) dengan para pimpinan kementerian/lembaga terkait di Istana Merdeka pada Senin (14/8/2023).

Kepala negara pun memberikan beberapa arahan yang perlu dilakukan oleh kementerian/lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas udara di Jabodetabek dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Arahan yang dimaksud yakni, melakukan rekayasa cuaca, mendorong kantor-kantor menerapkan sistem hybrid working, memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH).

Kemudian, menggenjot penggunaan transportasi publik, serta penguatan mitigasi perubahan iklim di sektor industri dan pembangkit listrik.

Baca juga: IKEA Rilis Koleksi Lawas, Hadirkan Model Ikonik dan Ceria

Oleh karena itu, IKEA ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai meningkatkan kualitas udara, mulai dari dalam rumah agar aktivitas harian dapat dilakukan dengan nyaman.

Polusi udara sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat mengganggu kegiatan sehari-hari. IKEA ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mulai meningkatkan kualitas udara dari rumah agar aktivitas harian dapat dilakukan dengan nyaman," terang PR and Communication Manager IKEA Indonesia Ririn Basuki dalam rilis, Rabu (6/9/2023).

IKEA memiliki produk sensor kualitas udara bernama VINDRIKTNING. Cara kerjanya, jika kualitas udara bersih, maka lampu indikator akan menyala dengan warna hijau dan warna merah jika udara kotor.

Sensor ini juga mampu mendeteksi polutan PM 2.5 yaitu jenis partikel sangat kecil, yang bentuknya serupa dengan debu, dengan ukuran kurang dari 2,5 mikrometer.

Beberapa aktivitas di rumah yang melepaskan partikel PM2.5 adalah seperti memasak, membakar makanan, menggunakan perapian yang terbuka serta menyemprot.

Partikel ini juga mampu meresap masuk dari udara luar yang tercemar ke dalam rumah.

Lalu, udara yang terdeteksi kotor dapat disaring menggunakan air purifier atau pemurni udara UPPÅTVIND agar lebih bersih.

Filter penyaringnya sudah diuji dengan standar ISO 29463-3 yang sesuai dengan kelas EPA12, artinya mampu menyaring lebih dari 99,5 persen dari semua partikel di udara seperti partikel PM 2.5, debu, dan serbuk sari.

Fitur unggulan lainnya adalah memiliki tiga kecepatan kipas sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan di rumah dan juga mempengaruhi tingkat kebisingan.

Jika ingin tidur nyenyak, pilih kecepatan kipas terendah dengan tingkat kebisingan rendah di malam hari.

Pemurni udara ini akan bekerja secara optimal untuk ruangan seluas 7 m2 di mana udara disaring melalui pembersih udara 5 kali per jam. Sedangkan untuk ruangan yang lebih besar akan membutuhkan waktu pembersihan sedikit lebih lama. Gunakan beberapa unit untuk mencakup area yang lebih luas dan efektifitas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com