Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Basuki Nilai "Longspan" LRT Bukan Salah Desain, Jalan Pelan di Tikungan Itu Wajar

Kompas.com - 08/08/2023, 05:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menilai desain longspan LRT Jabodebek sudah oke.

"Konstruksinya sudah oke, itu bukan salah desain," ucap Basuki saat ditemui usai peresmian Indonesia Arena di Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta pada Senin (7/8/2023).

Lanjut Basuki, Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan sudah melakukan uji keamanan longspan.

Menurut Basuki, apabila lengkungan longspan dibuat lebih panjang, gedung perkantoran dan perhotelan di area Gatot Subroto (Gatsu)-Kuningan harus ditiadakan.

Dengan demikian, Basuki menyebutkan, desain longspan Gatsu-Kuningan yang ada saat ini dan mengakibatkan kereta LRT Jabodebek harus melambat saat melewatinya itu masih masuk dalam koridor keselamatan transportasi.

"Kalau di tikungan itu 20 kilometer per jam, ya wajar kan. Mau kecepatan berapa lagi? Wong di lurus saja cuma 30-40 kilometer per jam. Jadi di tikungan, semua kereta api pasti melambat," imbuh Basuki.

Isu ini mencuat setelah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan, longspan tersebut salah desain karena jalur rel yang melengkung dinilai kurang lebar dan miring.

Baca juga: Tanggapan Ahli soal Salah Desain Longspan LRT Gatsu-Kuningan

"Jadi sekarang kalau belok harus pelan sekali, karena harusnya itu lebih lebar tikungannya. Kalau tikungannya lebih lebar, dia bisa belok sambil speed up. Tapi karena tikungannya sekarang sudah telanjur dibikin sempit, mau enggak mau keretanya harus jalan hanya 20 kilometer per jam, pelan banget," ungkapnya dalam acara InJourney Talks, Selasa (1/8/2023), dikutip dari pemberitaan Kompas.com.

Menurut Tiko, selama pembangunan 3,5 tahun terakhir, terus dilakukan perbaikan-perbaikan sehingga LRT Jabodetabek semakin siap untuk dioperasikan. Rencananya, LRT Jabodebek akan beroperasi komersial atau commercial operation date (COD) pada 28 Agustus 2023.

"Jadi juga ini barangnya, ini effort dan kedetailan rapatnya sampai ke level very detail dan sangat melelahkan, dan rapatnya ratusan kali. Akhirnya insya Allah nanti 28 Agustus 2023 akan COD," pungkas Tiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com