Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya di Batam dan Manado, Budi Karya Harap Jeju Air Layani Daerah Wisata Indonesia

Kompas.com - 31/05/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan harapannya agar maskapai Jeju Air dapat melayani penerbangan kembali ke sejumlah tujuan wisata lainnya di Indonesia.

Dia juga mengapresiasi bahwa beberapa waktu lalu maskapai Jeju Air telah melayani penerbangan charter rute Batam dan Manado.

“Saya mengapresiasi maskapai Jeju Air telah melayani penerbangan charter rute Batam dan Manado. Dengan adanya pertemuan bulan depan, saya berharap ada pembahasan agar Jeju Air dapat melayani penerbangan lagi ke sejumlah tujuan wisata lainnya di Indonesia,” katanya dikutip dari laman Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (31/5/2023).

Selain itu, Budi juga berharap melalui pertemuan ICAO Global Implementation Support Symposium (GISS) 2023, Indonesia dapat memperoleh hak angkut kelima atau fifth freedom traffic rights.

Nantinya, dapat digunakan oleh maskapai nasional untuk melayani penerbangan dari Indonesia ke Amerika Serikat melalui Seoul dan sebaliknya.

Baca juga: Budi Karya Ingin Tambah Rute KA ke Bandara Soekarno-Hatta, Mana Saja?

“Kami berharap pembahasan tersebut dapat mencapai hasil yang saling menguntungkan dan dapat mendukung pengembangan pariwisata, perdagangan dan hubungan masyarakat antar kedua negara atau people to people contact,” tambah Budi.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) ICAO Juan Carlos Salazar mengakui peran Indonesia dalam upaya memajukan industri penerbangan global.

“Indonesia sangat dihormati masyarakat penerbangan dunia dan banyak peran yang sudah dijalankan,” ujarnya saat bertemu Budi.

Ia mengatakan, peran Indonesia sangat dibutuhkan, salah satunya terkait upaya penggunaan bahan bakar penerbangan yang berkelanjutan (sustainable aviation fuel/SAF).

ICAO terus mendorong penggunaan SAF sebagai salah satu upaya mencapai tujuan pengurangan emisi gas rumah kaca.

Selain itu, juga membangun industri penerbangan yang berkelanjutan atau memperhatikan dampak terhadap lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com