Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jalur Alternatif Tol Bakter di Lampung Bakal Dipersolek

Kompas.com - 26/05/2023, 15:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan melaksanakan kegiatan preservasi atau pemeliharaan jalan nasional di Provinsi Lampung pada tahun 2023.

Tentu agar kondisinya tetap mantap sebagai jalur alternatif penghubung Provinsi Lampung-Sumatera Selatan, selain ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter).

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung, Susan Novelia mengatakan, program preservasi merupakan program pemeliharaan jalan yang harus dilakukan setiap tahunnya guna menjaga kemantapan jalan dalam kondisi baik.

"Saat ini terdapat program preservasi yang menggunakan skema long segmen yaitu skema pemeliharaan secara menyeluruh pada suatu ruas jalan dengan memperhatikan kinerja dari penyedia jasa," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman PPID Kementerian PUPR, Jumat (26/05/2023).

Baca juga: 15 Ruas Jalan Lampung Diperbaiki Bulan Depan, Salah Satunya Akses Tol

Terdapat 10 paket pekerjaan preservasi atau pemeliharaan jalan dan jembatan tahun 2023 yang dikerjakan Kementerian PUPR melalui BPJN Lampung.

Meliputi preservasi jalan dan jembatan ruas Pematang Panggang-Simpang Bujung Tenuk (Simpang Penawar-Gedong Aji Baru-Rawajitu); peservasi jalan dan jembatan ruas Simpang Bujung Tenuk-Batas Kabupaten Lampung Tengah/Lampung Timur (ruas Simpang Bujung Tenuk-Terbanggi Besar).

Selanjutnya, preservasi jalan dan jembatan ruas Batas Kabupaten Lampung Tengah/Lampung Timur-Way Jepara-Simpang Bakauheni; Preservasi Jalan dan Jembatan ruas Tegineneng-Simpang Tanjung Karang-KM 10 (Terbanggi Besar-Tegineneng-Sukadana).

Kemudian preservasi jalan ruas KM 10 (Panjang)-Bakauheni (Jalan Prof Dr.Ir Sutami-Jalan Sribawono-Simpang Sribawano); preservasi jalan dan jembatan ruas Sanggi-Gedong-Tataan.

Lalu, preservasi jalan dan jembatan ruas Simpang Gunung Kemala-Sanggi; preservasi jalan dan jembatan ruas Batas Bengkulu-Simpang Gunung Kemala-Padang Tambak; preservasi jalan ruas Padang Tambak-Bukit Kemuning-Batas Sumatera Selatan.

Berikutnya, preservasi jalan dan jembatan ruas Bukit Kemuning-Terbanggi Besar; dan preservasi jalan ruas Gedong Tataan-Jalan Monginsidi (ruas Simpang Tanjung Karang-KM 10; Simpang Tanjung Karang-Kurungan Nyawa).

Untuk diketahui, jalan nasional di Lampung menjadi jalan arteri dan kolektor sistem jaringan jalan primer yang terkoneksi dengan Pelabuhan Bakauheni dan Provinsi Sumatera Selatan, selain Tol Bakter.

Secara keseluruhan jalan nasional yang menjadi kewenangan BPJN Lampung membentang sepanjang 1.298,41 km.

Terdiri dari Jalan Lintas Timur sepanjang 285,18 km, Jalan Lintas Tengah 323,92 km, Jalan Lintas Barat 323,62 km, Jalan Lintas Penghubung 347,69 km, dan Jalan Dalam Kota Bandar Lampung sepanjang 18 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com