Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir Surut, Pelayanan Stasiun Semarang Tawang dan Perjalanan KA Berangsur Normal

Kompas.com - 03/01/2023, 21:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir di wilayah Semarang, Jawa Tengah pada Minggu (1/1/2023) menyebabkan keberangkatan sejumlah kereta api (KA) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen tertunda.

Bagi penumpang yang rela menunggu hingga kereta diberangkatkan, akan mendapat service recovery berupa makanan dan minuman dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Sementara bagi penumpang yang ingin beralih menggunakan transportasi lain, bisa melakukan refund tiket hingga H+7 dan mendapatkan kembali uang pembelian sebesar 100 persen.

Sedangkan per Senin (2/1/2023), KAI melaporkan bahwa jalur KA di antara Stasiun Semarang Tawang–Alastua dan Kalibodri–Kaliwungu sudah mulai beroperasi normal.

Kini jalur tersebut sudah dapat dilalui perjalanan KA dengan kecepatan terbatas yaitu 20 kilometer (km) per jam.

Selain itu, Stasiun Semarang Tawang juga sudah berfungsi normal dan kembali melayani naik turun penumpang.

VP Public Relations KAI, Joni Martinus mengatakan saat ini KAI terus melakukan perbaikan jalur rel KA sehingga berangsur-angsur kecepatan KA dapat ditingkatkan dan diharapkan segera dapat dilalui kembali dengan kecepatan normal serta kepadatan di lintas dapat terurai dan seluruh jadwal perjalanan kembali normal.

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan KA yang terganggu perjalanannya diakibatkan banjir yang terjadi sejak 31 Desember 2022 yang lalu," ujar Joni, dikutip dari laman resmi KAI, Selasa (3/1/2023).

Baca juga: Refund Tiket Kereta Api Bisa Diwakilkan Loh! Ini Syarat Lengkapnya

Seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan KA.

KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.

Untuk info lebih lanjut terkait info pembatalan tiket dan update kondisi perjalanan KA, masyarakat dapat menghubungi kondektur yang bertugas melalui nomor handphone yang tertera di setiap dinding kereta, customer service di stasiun, contact center KAI melalui telfon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111- 2111-121, email cs@kai.id, media sosial KAI121.

"KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," tutup Joni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com