Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski Gratis, Lintasi Ruas Sadang-Kutanegara Tetap Perlu "Tapping"

Kompas.com - 24/12/2022, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) siap mengoperasikan secara fungsional Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer pada periode libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pengoperasian ruas tol ini dimaksudkan untuk mendukung kelancaran arus balik dari Bandung menuju Jakarta.

Direktur Utama PT JJS Charles Lendra menjelaskan, pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di Gerbang Tol (GT) Kutanegara karena masih beroperasi secara situasional.

"Namun kami ingatkan kembali, jalan tol fungsional ini tidak dikenakan tarif, tetapi pengguna jalan tetap harus melakukan tapping di GT Kutanegara," kata Charles, mengutip keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (24/12/2022).

Charles merinci, di GT Kutanegara, pengguna jalan tetap akan membayar tarif Tol Cipularang dan Tol Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) jika melakukan perjalanan dari GT di Tol Padaleunyi, dengan besaran tarif yang sama jika pengguna jalan keluar melalui GT Sadang Tol Cipularang.

Adapun Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara hanya bisa dilewati oleh kendaraan golongan I non-bus dengan kecepatan maksimum 60 kilometer per jam.

Jika dibuka, pengguna jalan dari arah Bandung dapat masuk Tol Fungsional Japek II Selatan Segmen Sadang-Kutanegara melalui Km 77+100 Tol Cipularang arah Jakarta dan keluar melalui GT Kutanegara untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Provinsi (Jalan Industri).

Baca juga: Selama Natal-Tahun Baru, Lewat Tol Kapal Betung Cukup Bayar 50 Persen

Selanjutnya untuk menuju arah Jakarta, pengguna jalan dapat masuk kembali ke Tol Japek melalui GT Karawang Timur 1 atau GT Karawang Barat 1.

Tol Japek II Selatan Ruas Sadang-Kutanegara ini akan membantu mengurai kepadatan volume lalu lintas (lalin) kendaraan di Tol Japek tepatnya di Susun (SS) Dawuan Km 66 yang merupakan titik pertemuan lalin dari arah Bandung yang melewati Tol Cipularang, serta arus lalin dari arah Trans-Jawa yang melewati Tol Japek.

"Selain itu, yang menjadi pertimbangan lainnya adalah kondisi Jalan Industri yang akan dilewati pengguna jalan kurang lebih sepanjang 15 kilometer menuju Karawang Timur atau sepanjang 22 kilometer menuju Karawang Barat setelah melewati jalur fungsional ini," imbuh Charles.

Nantinya, pengoperasian ruas tol ini akan dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian sebagai dasar diskresi.

Untuk memastikan keamanan, PT JJS menyediakan 6 gardu operasional yang dilengkapi dengan 2 unit mobile reader.

Sementara dari sisi layanan lalin, kami menyediakan 2 Mobile Customer Service (MCS),1 unit derek, 1 unit ambulans, 1 unit Patroli Jalan Raya (PJR), 1 unit Kamtib, 1 unit water tank, dan 1 unit patroli roda dua.

Charles mengimbau pengguna jalan yang akan memasuki jalan tol fungsional ini agar memastikan kecukupan bahan bakar kendaraan dan saldo uang elektronik.

Selain itu, pengguna jalan diimbau untuk mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas di lapangan.

Sebagai informasi, lokasi SPBU terdekat berjarak 1 kilometer dari akses keluar jalan tol fungsional ini (belok kiri).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com