Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Solo-Yogya-YIA Kulonprogo Raih Kredit Sindikasi Rp 9,89 Triliun

Kompas.com - 23/12/2022, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo telah memperoleh financial close (dukungan pembiayaan perbankan) senilai Rp 9,89 triliun atau tepatnya Rp 9.893.216.000.000 untuk pembangunan Tahap I sepanjang 49,25 Km.

Yakni mencakup Seksi 1 Kartasura-Purwomartani (42,37 km) ditambah sebagian dari Seksi 2.1 Purwomartani-Maguwoharjo (3,63 km) serta sebagian dari seksi 2.2 Trihanggo-Junction Sleman (3,25 km).

Hal tersebut ditandai dengan perjanjian  sindikasi oleh PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) selaku pengelola jalan tol dengan para kreditur sindikasi, pada Jumat (23/12/2022).

Terdiri dari BNI, Bank Mandiri, BCA dan BRI yang bertindak sebagai Joint Mandated Lead Arranger & Bookrunner (JMLAB) beserta 1 lembaga pembiayaan infrastruktur dan 9 perbankan baik konvensional maupun syariah.

Meliputi PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero), Bank Syariah Indonesia Tbk, BCA Syariah, Bank DKI, Bank BJB Tbk, Bank Jateng, BPD DIY, BPD Bali, Bank Sumsel Babel, dan Bank Papua.

Baca juga: Pertama di Indonesia, Tol Yogyakarta-Solo Bakal Punya Jalur Sepeda

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Herry Trisaputra Zuna mengatakan, adanya pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo sebagai akan mendorong peningkatan konektivitas di Yogyakarta, Solo, dan Semarang, menjadi satu kesatuan. 

Tidak hanya itu, konektivitas ini juga akan memperlancar mobilitas masyarakat serta distribusi barang atau jasa.

Utamanya karena jalan tol ini akan menghubungkan tiga bandara sekaligus di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

"Untuk itulah, dengan adanya penandatangan kredit sindikasi ini, semoga pembebasan lahan dan tahapan konstruksi dapat dikerjakan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sehingga Jalan Tol Jogja-Solo bisa segera dinikmati manfaatnya oleh masyarakat," ujar Herry dalam rilis pers.

Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan para kreditur kepada PT JMM yang diwujudkan dalam perjanjian kredit sindikasi ini. 

Ia berharap, dengan dukungan yang diberikan tersebut, pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo dapat berjalan sesuai target dengan kualitas dan mutu yang baik.

"Dengan adanya dukungan kredit sindikasi pada hari ini, PT JMM semakin optimis untuk dapat mengejar target pembangunan Jalan Tol Jogja-Solo khususnya Tahap I," tukas Suchandra P. Hutabarat.

Adapun hingga saat ini progres pembangunan untuk Seksi 1 Kartasura-Purwomartani telah mencapai 25,79%.

Sebagai informasi, Tol Solo-Yogyakarta-Bandara YIA Kulon Progo terdiri dari tiga seksi, yakni Seksi 1 menghubungkan Kartosuro-Purwomartani sepanjang 42,37 kilometer.

Kemudian, Seksi 2 Purwomartani-Gamping sepanjang 23,43 kilometer, dan Seksi 3 Gamping-Purworejo sepanjang 30,77 kilometer.

Secara keseluruhan, Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo memiliki sembilan Simpang Susun (SS) di sepanjang wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com