Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknologi BIM Bisa Dimanfaatkan untuk Bangun Rumah Anti-gempa

Kompas.com - 24/11/2022, 16:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan rumah anti-gempa bisa menggunakan teknologi Building Information Modelling (BIM).

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zainal Fatah dalam BIM Innovation Conference 2022, Kamis (24/11/2022), mengatakan, BIM bisa untuk teknologi ap apun.

"Kalau kita lihat gambaran yang disampaikan bahwa aplikasinya bisa untuk teknologi apa pun karena tadi ada fasilitas mentransform dari realitas di lapangan ke digital," jelas Zainal Fatah.

Oleh karena itu, rekayasa konstruksi dalam bentuk digital seperti yang ada di teknologi BIM mungkin bisa lebih mudah untuk dilaksanakan.

"Secara teknis mungkin perlu teman-teman segera melakukan pendalaman," tegas Zainal Fatah.

Baca juga: RISHA, Solusi Rumah Tahan Gempa

Kementerian PUPR kini mulai menggenjot penggunaan BIM akibat berkaca ke kondisi sektor infrastruktur ketika menghadapi pandemi.

Kala itu, para teknisi diharuskan bekerja tidak selalu dalam satu tempat yang sama, tetapi kegiatan konstruksi harus tetap berjalan.

"Teknologi seperti BIM ini memang harus kita gunakan untuk memastikan bahwa seluruh kegiatan konstruksi kita memang bisa dijalankan," tambah Zainal.

Adapun teknologi BIM juga dinilai memiliki potensi besar untuk melancarkan proyek Ibu Kota Nusantara (IKN).

Saat ini Kementerian PUPR tengah melatih para tenaga konstruksi terkait penerapan teknologi BIM.

Baca juga: Konstruksi Rumah Baru Korban Gempa Cianjur Tunggu Kesiapan Pemprov Jabar

Hal ini ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi dengan Trimble Navigation Singapore Pte Ltd pada 24 November 2022 dan Trimble Solution SEA Pte Ltd pada 27 Agustus 2022.

Lewat MoU tersebut, kedua belah pihak bakal mencetak 500 orang instruktur serta melatih 1.500 orang aparatur sipil negara (ASN) dan calon tenaga kerja konstruksi.

Kemudian, Ditjen Bina Konstruksi dan Trimble turut melaksanakan BIM Innovation Conference 2022 secara hybrid pada 24 November 2022 yang diikuti oleh 1.150 peserta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com