Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kementerian ATR/BPN Teken MoU dengan PMN dan BSI

Kompas.com - 03/11/2022, 18:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) resmi bekerja sama dengan Permodalan Nasional Madani (PNM) dan Bank Syariah Indonesia (BSI) pada Kamis (3/11/2022).

Hal ini ditandai lewat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN Himawan Arief Sugoto dengan Direktur Utama PNM Arief Mulyadi dan Wakil Direktur Utama BSI Bob Ananta dalam Indonesia Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Expo di Jakarta.

Hinawan mengatakan kerja sama ini merupakan upaya Kementerian ATR/BPN dalam mempercepat Proyek Strategis Nasional (PSN) Reforma Agraria lewat penataan akses.

Baca juga: Peringati Hantaru 2022, Kementerian ATR/BPN Gelar Pameran UMKM

Sehingga nantinya pelaku UMKM memiliki akses kepada institusi finansial guna mengembangkan usahanya, dalam hal ini adalah dengan kedua Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut.

"Berbagai program yang sudah disertifikatkan ada yang mereka UMKM. Jadi dengan disertifikat asetnya dan diberikan legalitasnya, maka mereka bisa kerja sama dengan institusi finansial lewat modal," jelas Himawan kepada Kompas.com di lokasi.

Selain itu, Kementerian ATR/BPN juga memberikan wadah kepada 80 tenant UMKM dari seluruh Indonesia untuk hadir di pameran UMKM, sekaligus memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) 2022.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto yang mengatakan salah satu wujud reforma agraria adalah memperkenalkan para pelaku UMKM dengan perbankan.

"Penataan akses lewat pengembangan UMKM memegang peran sangat penting terhadap perekonomian nasional, terlebih kita baru lepas dari pandemi," kata Menteri Hadi dalam sambutannya.

Menurut Hadi, ini ditambah dengan data di mana ada 65,4 juta UMKM di Indonesia dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) senilai Rp 8573,89 triliun.

Pameran yang diselenggarakan oleh Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati BPN ini akan dilakukam secara konsisten untuk mendukung produk UMKM di Indonesia.

Saat ini, Ikawati Kementerian ATR/BPN dikepalai oleh Nanny Hadi Tjahjanto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com