Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kecelakaan Terus Terjadi di Jalan Tol, Ingat Baik-baik Rumus 3 Detik

Kompas.com - 26/09/2022, 10:19 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kecelakaan lalu lintas yang menelan korban jiwa kembali terjadi di jalan tol. Kali ini di ruas Jalan Tol Semarang-Solo KM 436+400 arah Semarang pada Sabtu (24/09/2022) pukul 04.00 WIB.

Kejadian tersebut melibatkan kendaraan penumpang jenis ELF Minibus dengan Nomor Polisi N 7023 ZJ (KR1), dan Truk Fuso Tronton dengan Nomor Polisi BK 8407 SE (KR2).

Awal mulanya, kendaraan datang dari arah Solo menuju Semarang. Setibanya di Tempat Kejadian Perkara (TKP), Pengemudi KR1 mengantuk kemudian kendaraan oleng ke lajur 1 dan menabrak bagian belakang KR2. KR1 terseret sampai 436+400 B dan berhenti di bahu luar.

Pada kejadian ini, terdapat 5 korban meninggal dunia dan 7 luka ringan serta dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ungaran Kabupaten Semarang.

Baca juga: Profil Tol Semarang-Solo, Lokasi Kecelakaan Maut, Renggut 5 Korban

Oleh karena itu, saat berkendara di jalan terutama di jalan tol yang bebas hambatan, para pengemudi juga bisa menerapkan trik yang dikenal dengan "Rumus 3 Detik" untuk meminimalkan potensi terjadinya kecelakaan.

Tiga detik ini dipahami sebagai waktu persepsi manusia dan reaksi mekanikal (kendaraan) saat berada di jalan.

Penghitungan rumus 3 detik dibuat agar pengendara bisa membuat jarak aman saat rem mendadak, sehingga kendaraan tidak langsung menabrak kendaraan di depan atau di belakang.

Waktu persepsi manusia selaku pengendara dalam mengemudikan kendaraannya dan melihat kendaraan lain didepannya pada saat melakukan pengereman mendadak adalah 1,5-2 detik.

Sedangkan 0,5-1 detik, adalah reaksi mekanikal kendaraan agar secara cepat untuk menghentikan kendaraan atau menghindar.

Jika kedua waktu tadi dijumlahkan, maka totalnya menjadi tiga detik. Untuk mengetahui berapa jarak kendaraan di depan dengan menggunakan rumus ini maka Anda bisa mematok pada satu obyek seperti pohon atau papan petunjuk arah.

Kemudian lihat kendaraan di depan melewati patokan tadi. Hitunglah berapa detik kendaraan kita sampai ke titik tadi.

Jika kurang dari tiga detik, maka jarak antara mobil Anda dengan mobil lain belum aman sehingga dapat diperlebar lagi jaraknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com