Kompas.com - 24/09/2022, 13:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR telah merampungkan pengerjaan renovasi Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah.

Bahkan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin telah meresmikan masjid yang merupakan ikon Jawa Tengah, khususnya bagi masyarakat Semarang itu pada Jumat (23/09/2022).

Masjid ini merupakan kebanggaan masyarakat Semarang sebagai pusat ibadah umat dan pusat edukasi seni budaya serta pendidikan yang ditetapkan sebagai Kawasan Cagar Budaya.

Ma'ruf Amin mengapresiasi Kementerian PUPR yang terus membangun dan merenovasi berbagai infrastruktur penunjang aktivitas keagamaan, seperti halnya Masjid Raya Baiturrahman.

Wajah baru Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian PUPR Wajah baru Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah.
Dia berharap masjid ini tetap dimakmurkan bukan hanya sebagai tempat shalat saja, tetapi juga sebagai tempat kegiatan keislaman lainnya seperti pengkajian dan konsultasi.

"Walhasil masjid ini harus bisa menjadi pusat pembinaan masyarakat sekitarnya," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR.

Baca juga: Masjid Al Jabbar Dikritik Gara-gara Makan Duit Rp 1 Triliun, Apakah Layak Dibangun?

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti menjelaskan, renovasi bangunan dan penataan kawasan pusaka Masjid Raya Baiturrahman dilaksanakan sejak Agustus 2021 dan selesai Agustus 2022 dengan biaya sebesar Rp 92,58 miliar.

Pekerjaan penataan dilaksanakan oleh PT Waskita Karya sebagai Kontraktor Pelaksana dan PT Virama Karya sebagai Konsultan Manajemen Konstruksi.

Wajah baru Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah.Dok. Kementerian PUPR Wajah baru Masjid Raya Baiturrahman Semarang, Jawa Tengah.
Dengan luas lahan 11.765 meter persegi, lingkup pekerjaan meliputi rehabilitasi masjid dan menara, bangunan MUI dan basemen, ATM Center, TPS, Rumah Genset, basemen VIP, dan penataan kawasan masjid.

"Penataannya menerapkan konsep bangunan gedung hijau yang dinamis dan modern," tandas Diana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.