Ini 310 Kawasan Permukiman dan Komersial yang Diuntungkan LRT Jabodebek

Kompas.com - 25/07/2022, 10:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek disebut menawarkan berbagai manfaat.

Berdasarkan Studi Potensi Jaringan Angkutan Umum dan Intregrasi Moda Kawasan di sekitar Koridor LRT Jabodebek, setidaknya ada 310 kawasan permukiman dan komersial yang dilayani serta diuntungkan jika LRT Jabodebek beroperasi.

Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI Pusat Djoko Setijowarno mengatakan, area permukiman dan komersial tersebut tersebar di 3 lintas layanan sepanjang 44,43 kilometer dan dilayani 18 stasiun.

Pertama adalah lintas Cawang-Harjamukti sepanjang 14,89 kilometer yang terdiri dari 4 stasiun.

Untuk rinciannya, ada 38 pemukiman dan komersial di Stasiun Harjamukti, 20 kawasan permukiman dan industri di Stasiun Ciracas, 18 kawasan permukiman dan komeresial di Stasiun Kampung Rambutan, dan 11 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun TMII.

Baca juga: Simak, Daftar Lengkap Apartemen Dekat Stasiun LRT Jabodebek

Kedua adalah lintas Cawang-Jatimulya sepanjang 11,05 kilometer yang terdiri dari 7 stasiun LRT.

Lintas kedua meliputi, 14 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Ciliwung, 14 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Cikoko, 6 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Pancoran, dan 6 kawasan pemukiman dan komersial di Stasiun Kuningan.

Juga 14 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Rasuna Said, 15 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Setiabudi, serta 13 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Dukuh Atas.

Ketiga adalah lintas Cawang-Dukuh Atas sepanjang 18,49 kilometer yang terdiri dari 7 stasiun.

Ini meliputi 15 kawasan permukiman dan komersial di Stasiun Cawang, 10 kawasan permukiman dan pendidikan di Stasiun Halim, dan 19 kawasan permukiman dan komerial di Stasiun Jaibeting.

Baca juga: Jika LRT Jabodebek Beroperasi, Siapa yang Diuntungkan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.