Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perhatikan Lagi, Daftar 18 Kawasan Ekonomi Khusus di Indonesia

Kompas.com - 20/07/2022, 15:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berapa Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia? Pertanyaan itu mungkin pernah terlintas di benak masyarakat.

Mengingat dalam beberapa tahun terakhir pemerintah santer melakukan penetapan dan pengembangan KEK di Indonesia.

Adapun hingga akhir 2021, jumlah KEK di Indonesia sebanyak 19 kawasan. Akan tetapi jumlahnya berkurang menjadi 18 KEK ketika memasuki tahun 2022.

Sebagaimana dalam pemberitaan Kompas.com pada 22 Januari 2022 lalu, pemerintah telah resmi mencabut KEK Tanjung Api-Api di Sumatera Selatan pada 5 Januari 2022.

Ditandai dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Pencabutan PP Nomor 51 Tahun 2014 tentang Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Kawasan Ekonomi Khusus?

Alasan pemerintah mencabut Tanjung Api-Api sebagai KEK setidaknya telah tertera dalam dokumen Dewan Nasional KEK Indonesia berjudul Laporan Perkembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tahun 2021.

Di dalam laporan itu tertulis bahwa KEK Tanjung Api-Api tidak memenuhi ketentuan kesiapan beroperasi dalam jangka waktu yang telah ditentukan.

Ketidakmampuan pengadaan lahan dan pembangunan fasilitas pendukung di dalam kawasan membuat kesiapan pengoperasian KEK TAA tersendat.

Meski telah diberikan perpanjangan masa pembangunan, namun masih belum menyelesaikan proses pembangunan maupun menghadirkan investasi ke dalam KEK.

Dengan demikian, adanya pencabutan status KEK Tanjung Api-Api membuat jumlah KEK di Indonesia menjadi 18 kawasan.

Lantas, di mana saja 18 KEK di Indonesia? Berikut daftarnya:

1. KEK Arun Lhokseumawe

KEK ini berlokasi di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Telah beroperasi pada 14 Desember 2018 lalu. Luas areanya sekitar 2.662 hektar.

Termasuk dalam KEK industri, kegiatan utamanya meliputi, industri energi; industri petrokimia dan kimia lainnya; industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan kayu; serta logistik.

KEK Batam Aero TechnicDok. Kemenko Bidang Perekonomian KEK Batam Aero Technic
2. KEK Sei Mangkei

KEK Sei Mengkei berada di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Area yang memiliki luas sekitar 2.002 hektar ini telah beroperasi pada Januari 2015 silam.

Tergolong KEK industri dan pariwisata, kegiatan utamanya meliputi, industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan karet; pariwisata; serta logistik.

3. KEK Batam Aero Technic

KEK yang berlokasi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, ini baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021 lalu. Luas areanya 30 hektar.

Kawasan yang masuk dalam kategori KEK industri ini dirancang untuk kegiatan utama yakni industri maintenance, repair, overhaul (MRO) pesawat.

Baca juga: Menilik Kabar Terbaru Pembangunan di KEK Mandalika, Seperti Apa?

4. KEK Nongsa

KEK kedua yang juga berlokasi di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, ini baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021 lalu. Berdiri di atas area seluas 166 hektar.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com